Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiba di Madinah, 84 Jemaah Calon Haji Indonesia Sakit dan 4 Orang Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 29 Mei 2023, 18:25 WIB
Tiba di Madinah, 84 Jemaah Calon Haji Indonesia Sakit dan 4 Orang Meninggal
Jemaah calon haji Indonesia saat tiba di Arab Saudi/Dok Kemenag
rmol news logo Hingga hari ketujuh penyelenggaraan pelayanan ibadah haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi, Kementerian Agama mencatat ada 84 jemaah yang mengalami sakit setibanya di Kota Madinah, Arab Saudi.

Para jemaah calon haji yang sakit kini dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) dan Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah.

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama, Akhmad Fauzin menuturkan, calon haji yang dirawat di KKHI sebanyak 63 orang sedangkan yang dirawat di RSAS Madinah sebanyak 21 orang.

Selain itu, Akhmad juga menyampaikan bahwa jemaah calon haji asal Indonesia yang meninggal di Kota Madinah menjadi empat orang. Jemaah haji yang meninggal di Kota Madinah dishalatkan di Masjid Nabawi dan dimakamkan di Baqi.

"Sesuai ketentuan, jemaah yang wafat akan dibadalhajikan," sebut Akhmad di Jakarta, Senin (29/5).

Berdasarkan data dalam Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), hingga Senin pukul 11.00 WIB jemaah calon haji asal Indonesia yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 33.171 orang (87 kelompok terbang/kloter), dan yang sudah tiba di Kota Madinah sebanyak 30.542 orang (80 kloter).

???????Kemenag pun tak henti-henti mengimbau kepada seluruh jemaah agar tidak sungkan meminta bantuan kepada petugas bila mengalami kesulitan selama berada di embarkasi, di dalam pesawat, maupun di Tanah Suci.

"Kenakan selalu identitas pengenal, terutama gelang jemaah. Jangan tukar menukar gelang dengan jemaah lainnya. Selalu gunakan alas kaki dan kaos kaki selama di luar pemondokan untuk menghindari kaki melepuh," tandas Akhmad. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA