Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perdana, Jemaah Haji asal Jawa Barat Berangkat dari Bandara Kertajati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 29 Mei 2023, 08:59 WIB
Perdana, Jemaah Haji asal Jawa Barat Berangkat dari Bandara Kertajati
Menag Yaqut Cholil Qoumas melepas keberangkatan jemaah haji kloter KJT-01, di Bandara Kertajati, Minggu (28/5)/Ist
rmol news logo Untuk kali pertama, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, menjadi tempat keberangkatan jemaah haji Indonesia. Keberangkatan jemaah haji kloter pertama dari Embarkasi Kertajati (KJT-01) dilepas langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Ini merupakan penerbangan pertama untuk jemaah haji di Jawa Barat bagian utara," kata Menag Yaqut di Majalengka, Jawa Barat, Minggu (28/5).

"Tahun depan kita coba skenariokan bagi jemaah haji Jawa Tengah bagian barat dan selatan juga diberangkatkan dari sini," tambahnya.

Berdasarkan data Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat), Kloter KJT-01 terdiri dari 366 jemaah haji beserta 8 orang petugas. Kloter pertama dari Embarkasi Kertajati ini berasal dari Kabupaten Majalengka.

Untuk musim haji 1444 H/2023 M ini, Embarkasi Kertajati akan memberangkatkan 24 kloter jemaah haji Jawa Barat yang berasal dari 7 kabupaten/kota. Yaitu Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sumedang, dan Kabupaten Subang.

Kepada jemaah haji lansia, Menag berpesan agar tetap menjaga kondisi fisik selama beribadah. Terlebih cuaca di Arab Saudi saat ini sangat panas. Para jemaah lansia diminta tidak sungkan meminta bantuan petugas.

"Tadi saya cek, hari ini suhunya mencapai 50 derajat celcius. Jangan lupa gunakan alat pelindung diri bila ingin beraktivitas di luar," ucap Menag Yaqut.

"Bawa payung atau topi, bawa juga semprotan air untuk membasahi wajah atau bagian kulit yang terpapar matahari. Dan jangan lupa untuk sering minum untuk menghindari dehidrasi," tandasnya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA