Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Seleksi Calon Pimpinan KPK Mulai Pertengahan Juni 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Kamis, 25 Mei 2023, 11:13 WIB
Seleksi Calon Pimpinan KPK Mulai Pertengahan Juni 2023
Mensesneg Pratikno/Ist
rmol news logo Masa jabatan Firli Bahuri dkk berakhir pada 20 Desember 2023. Pemerintah memastikan panitia seleksi (Pansel) calon pimpinan (Capim) KPK mulai bekerja pertengahan Juni 2023.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepastian itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno, dalam video yang diunggah kanal YouTube Kementerian Sekretariat Negara, Rabu (24/5).

Menurutnya, saat ini pemerintah tengah finalisasi pembentukan Pansel. Mengingat, sesuai UU KPK, masa jabatan pimpinan KPK empat tahun.

"Jadi, Pansel KPK yang akan kita bentuk mulai bekerja sebelum pertengahan Juni 2023," kata Pratikno, seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (25/5).

Sehingga, sambungnya, selama enam bulan ke depan, Pansel akan menyeleksi Capim KPK.

"Sebagaimana pengalaman seleksi pejabat publik selama ini, enam bulan itu waktu yang cukup untuk menemukan putera-puteri terbaik," pungkasnya.

Pimpinan KPK periode 2019-2023 terdiri dari Firli Bahuri selaku ketua, dengan empat wakil ketua, Nurul Ghufron, Alexander Marwata, Nawawi Pomolango, dan Lili Pintauli Siregar.

Namun Lili Pintauli Siregar mengundurkan diri pada 11 Juli 2022. Posisi Lili digantikan Johanis Tanak yang dilantik pada 28 Oktober 2022.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA