Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fatality Lagi di Areal Tambang, Satu Awak Kapal Tenggelam di Pelabuhan Putra Muba Coal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 24 Mei 2023, 23:56 WIB
<i>Fatality</i> Lagi di Areal Tambang, Satu Awak Kapal Tenggelam di Pelabuhan Putra Muba Coal
Evakuasi korban tenggelam akibat kecelakaan laut Kapal Mob 1 di areal pelabuhan PT Putra Muba Coal/Ist
rmol news logo Kejadian kecelakaan kerja berujung korban jiwa (fatality) kembali terjadi di areal pertambangan di Sumatera Selatan. Kali ini, terjadi areal pelabuhan batubara PT Putra Muba Coal (PMC) yang berlokasi di Sungai Tungkal, Kabupaten Musi Banyuasin, Rabu (24/5).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Satgas BPBD Muba menerima laporan dari warga bahwa telah terjadi kecelakaan kapal MOB 1 yang mengakibatkan korban terjatuh dan tenggelam ke sungai di sekitaran pelabuhan PMC Sungai Lilin,” kata Kepala BPBD Muba Pathi Riduan dikutip Kantor Berita RMOLSumsel.

Menurutnya, kejadian bermula saat sebuah kapal melintas di areal pelabuhan tersebut terlibat dalam sebuah tabrakan. Korban Al Fauzan (20) yang berada di atas kapal kemudian terjatuh. Namun, pada saat kejadian korban tidak mengenakan jaket penyelamat.

Mendapat informasi tersebut, Tim Operasi SAR BPBD Kabupaten Musi Banyuasin melakukan upaya penyelamatan kepada korban yang tenggelam. Sekitar pukul 06.30 WIB korban ditemukan dalam keadaan meninggal sejauh 2 mil ke arah tenggara dari lokasi kejadian.

Lebih lanjut dia menghimbau kepada awak kapal untuk tetap agar berhati-hati bila cuaca buruk hujan maupun berkabut dengan melengkapi life jacket dan lifebuoy.

"Kita imbau, untuk pemilik kapal agar melengkapi semua peralatan, untuk mengantisipasi terjadinya kejadian yang tidak diinginkan," katanya.

Sementara itu Kapolsek Sungai Lilin, AKP Andi Firdaus memebenarkan kejadian tersebut namun dirinya belum bisa memastikan peristiwa itu apakah termasuk kecelakaan kerja.

"Memang benar ada kejadian orang tenggelam di wilayah pelabuhan PMC. Tapi kita belum bisa memastikan apakah kejadian itu kecelakaan kerja atau bukan (kelalaian)," jelasnya.

Putra Muba Coal yang lebih dikenal dengan PMC saat ini berada dibawah naungan PT Sumatera Resources (SR) yang sahamnya 100 persen dimiliki oleh MNC Energy Investment (IATA).

PMC memiliki pelabuhan yang terletak di Sungai Tungkal, dengan jarak sekitar 10 km dari tambang dan sekitar 161 km ke area transhipment di pelabuhan Tanjung Buyut.

PMC memiliki wilayah IUP seluas 2.947 hektar yang berlokasi di Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin dan Kecamatan Tungkal Ilir Kabupaten Banyuasin dengan nomor izin 016/DPMPTSPV/I/2018 yang dikeluarkan Gubernur, berlaku sejak 5 Januari 2018 sampai 31 Maret 2028. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA