Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mulai Hari Ini Enam Bandara Siap Berangkatkan Jemaah Haji, Ini Jadwalnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 24 Mei 2023, 11:45 WIB
Mulai Hari Ini Enam Bandara Siap Berangkatkan Jemaah Haji, Ini Jadwalnya
Calon jemaah haji siap berangkat ke tanah suci/Ist
rmol news logo Bandara PT Angkasa Pura II hari ini mulai memasuki periode pemberangkatan haji 1444 Hijriah.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

President Director AP II, Muhammad Awaluddin mengatakan, periode keberangkatan jemaah haji dimulai hari ini, Rabu (24/5) hingga 22 Juni 2023 mendatang.

AP II pun memastikan sudah mempersiapkan rencana operasi bandara untuk penerbangan haji hingga koordinasi bersama seluruh stakeholder.

"Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat agar penerbangan haji dapat berjalan dengan baik dan lancar,” ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Rabu (24/5).

Tahun ini, sebanyak 6 bandara AP II telah ditetapkan sebagai embarkasi haji oleh pemerintah, yaitu Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang), Bandara Kertajati (Majalengka), Bandara Sultan Iskandar Muda (Aceh), Bandara Minangkabau (Padang) dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang).

Pemberangkatan jemaah haji secara perdana dilaksanakan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang hari ini pukul 00.30 WIB oleh maskapai Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 7301 dengan membawa 388 jemaah haji.

"Kami memohon dukungan dari seluruh masyarakat agar Bandara Soekarno-Hatta dapat dengan baik melayani para jemaah haji,” kata Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana.

Bandara Soekarno-Hatta menyediakan fasilitas pre-clearance keimigrasian Arab Saudi yang dikenal dengan fast track Makkah Road bagi para jemaah haji.

Bandara lain yang memberangkatkan jemaah haji pada hari ini adalah Bandara Kualanamu, Deli Serdang, dan Bandara Sultan Iskandar Muda, Aceh.

“Penerbangan haji di Bandara Sultan Iskandar Muda pukul 07.45 WIB oleh Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 2101 dan membawa 388 jemaah," tambah Executive General Manager Bandara Sultan Iskandar Muda, Darmadi.

Sementara itu, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang memberangkatkan jemaah haji perdana pada 27 Mei 2023 pukul 09.55 WIB. Kemudian Bandara Kertajati, Majalengka memberangkatkan jemaah perdana pada 28 Mei 2023.

Terakhir, Bandara Minangkabau akan memberangkatkan jemaah haji secara perdana pada 5 Juni 2023. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA