Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelombang Tinggi, BMKG Ingatkan Masyarakat di Pesisir Pantai Hati-hati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 03:53 WIB
Gelombang Tinggi, BMKG Ingatkan Masyarakat di Pesisir Pantai Hati-hati
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi di beberapa wilayah perairan Indonesia pada 13-14 Mei 2023 akan terjadi gelombang tinggi. Untuk itu, masyarakat yang berada di pesisir diminta hati-hati

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo Sabtu (13/5).

Ia mengemukakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 3-15 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan 6-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan selatan P. Jawa, perairan selatan P. Lombok," paparnya.

Kondisi tersebut, menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25-2,5 meter berpeluang terjadi di Selat Malaka bagian utara, Laut Jawa, perairan utara Jawa Timur, perairan selatan Kalimantan, Selat Makassar bagian selatan, Laut Bali, Laut Sumbawa, Selat Lombok bagian utara, perairan Kep. Sabalana-Kep. Selayar.

Lalu, di Laut Flores bagian timur, perairan Wakatobi, perairan Kep. Sitaro, perairan Bitung-Likupang, perairan selatan Sulawesi Utara, Laut Maluku, perairan Kep. Banggai-Kep. Sula, perairan P. Buru-P. Ambon-P. Seram, Laut Seram, Laut Banda, perairan Kep. Sermata-Kep. Tanimbar, perairan selatan Kep. Kai-Kep. Aru dan Laut Arafuru. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA