Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penumpang Kereta Arus Mudik Naik 20 Persen, Keberangkatan KA Tambahan Diperpanjang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 04 Mei 2023, 17:37 WIB
Penumpang Kereta Arus Mudik Naik 20 Persen, Keberangkatan KA Tambahan Diperpanjang
Suasana di Stasiun Pasar Senen/RMOL
rmol news logo Masyarakat yang pulang kampung alias mudik lebaran Idulfitri tahun ini menggunakan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) meningkat 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, jumlah tersebut juga hampir mendekati jumlah volume penumpang di masa sebelum pandemi.

"Melihat tingginya minat pengguna jasa yang masih melakukan perjalanan berangkat menggunakan KAJJ maka perjalanan KA tambahan juga diperpanjang hingga 7 Mei 2023," jelas Eva melalui keterangan tertulisnya, Kamis (4/5).

Secara total pada masa Angkutan Lebaran 2023 sejak 12 April sampai dengan 4 Mei 2023 tembus 780 ribu penumpang KAJJ yang berangkat dari Area Daop 1 Jakarta melalui Stasiun Gambir, Pasar Senen, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Dari jumlah 780 ribu penumpang berangkat tersebut 480 ribu penumpang diantaranya menggunakan KA dengan keberangkatan awal dari stasiun Pasar Senen dan 300 ribu lain nya penumpang berangkat menggunakan KAJJ keberangkatan awal dari Stasiun Gambir.

Pada masa Angkutan Lebaran, mayoritas pemesanan tiket KAJJ dilakukan untuk jadwal keberangkatan pada tanggal favorit yakni tanggal 14 hingga 24 April 2023.

Berdasarkan data tiket terjual pada tanggal-tanggal tersebut tingkat okupansi volume penumpang sudah mencapai 90 hingga 100 persen dengan volume penumpang berangkat tertinggi atau puncak arus mudik tercatat pada tanggal 18 hingga 23 April dimana tingkat okupansi atau keterisian tempat duduk pada tanggal tersebut mencapai 100 persen.

Adapun sejumlah kota tujuan yang menjadi pilihan favorit diantaranya Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, Kutoarjo, Semarang, Tegal, Solo dan Bandung.

"Secara keseluruhan situasi arus mudik dan arus balik dari area Daop 1 Jakarta terpantau lancar dan kondusif serta seluruh perjalanan KA berlangsung lancar, aman, selamat dan tepat waktu," tandas Eva Chairunisa. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA