Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Libur Lebaran, LRT Sumsel Angkut Belasan Ribu Penumpang dalam Sehari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 26 April 2023, 04:39 WIB
Libur Lebaran, LRT Sumsel Angkut Belasan Ribu Penumpang dalam Sehari
Ilustrasi/Net
rmol news logo Moda transportasi massal kereta Light Rail Transit (LRT) Sumatera Selatan banyak dimanfaatkan warga Palembang maupun pelancong untuk bepergian selama masa libur Lebaran. Hal itu terbukti dari melonjaknya angka penumpang LRT Sumsel.

Data Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (BPKARSS), pada H-6 Lebaran 2023, terjadi peningkatan jumlah penumpang hingga mencapai 12.741 penumpang. Jumlah tersebut melonjak dua kali lipat ketimbang tahun lalu yang hanya mencapai 6.681 penumpang.

Lonjakan penumpang kembali terjadi pada H+1 Lebaran atau 23 April 2023 yang jumlahnya mencapai 19.483 penumpang. Jumlah tersebut jika dibandingkan tahun lalu yang mencapai 15.940 penumpang.

Kepala BPKARSS, Rode Paulus mengatakan, lonjakan jumlah penumpang beriringan dengan banyaknya pemudik yang bepergian menggunakan pesawat.

"Pemudik dari luar Kota Palembang menggunakan LRT Sumsel untuk bepergian dari bandara," katanya dikutip Kantor Berita RMOLSumsel, Selasa (25/4).

Selain itu, banyak juga pelancong dari luar Kota Palembang yang ingin berkendara menggunakan LRT Sumsel. Lonjakan jumlah penumpang juga diprediksi bakal terjadi hingga masa libur Lebaran berakhir.

"Tahun lalu pada H+2 lebaran jumlah penumpangnya 25.890 dan H+3 Lebaran jumlah penumpangnya 28.800. Sehingga, tahun ini prediksinya bisa lebih banyak lagi," terangnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang itu, BPKARSS telah menambah jumlah perjalanan menjadi 102 perjalanan. Kereta LRT Sumsel yang beroperasi ditambah menjadi 7 trainset dari sebelumnya 6 trainset.

"Harapannya dengan penambahan kereta ini dapat mengurangi waktu tunggu dan memberikan rasa nyaman kepada penumpang LRT Sumsel," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA