Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Covid-19 Beranjak Naik Jelang Lebaran, Dinkes Jabar Imbau Masyarakat Taat Prokes

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 19 April 2023, 13:40 WIB
Kasus Covid-19 Beranjak Naik Jelang Lebaran, Dinkes Jabar Imbau Masyarakat Taat Prokes
Ilustrasi/Net
rmol news logo Berdasarkan data dari dashboard Jabarprov per 18 April 2023, kasus Covid-19 di Jawa Barat mengalami kenaikan sejumlah 234. Dengan begitu, masyarakat diminta tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) untuk menekan kenaikan kasus Covid-19.

"Kasus Covid-19 di Indonesia khususnya di Jabar mengalami kenaikan signifikan bersamaan dengan munculnya subvarian Covid-19 Arcturus menjelang Lebaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Jabar, Nina Susana, dikutip Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (19/4).

Kendati varian Arcturus dinilai belum mengkhawatirkan, tetapi masyarakat tidak boleh abai terhadap prokes. Masyarakat juga diminta segera ke fasilitas kesehatan apabila memiliki tanda dan gejala Covid-19.

"Tetap menggunakan masker ketika di tengah keramaian, selanjutnya kenali tanda dan gejalanya, apabila memiliki tanda dan gejala serupa segera kunjungi faskes terdekat untuk pemeriksaan terkait Covid-19," imbaunya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Rochady mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinkes kabupaten/kota untuk membentuk Posko Kesehatan Mudik di titik yang sudah ditentukan guna mengantisipasi lonjakan kasus saat mudik.

"Posko itu akan melaporkan kasus atau kejadian saat mudik yang berkenaan dengan kesehatan pemudik melalui aplikasi dari Kemenkes. Lalu ada posko vaksinasi pada tempat yang telah ditentukan untuk mempermudah akses masyarakat mendapatkan vaksinasi booster," jelas Rochady.

Ia pun mengimbau masyarakat yang akan mudik untuk melakukan persiapan kesehatan seperti vaksinasi booster, cek kesehatan sebelum perjalanan dan mematuhi prokes. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA