Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertamina Bangun Buffer Zone Radius 50 Meter di Depo Plumpang, Ratusan KK Dipindahkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 31 Maret 2023, 10:59 WIB
Pertamina Bangun <i>Buffer Zone</i> Radius 50 Meter di Depo Plumpang, Ratusan KK Dipindahkan
Permukiman warga yang terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Rawa Badak Selatan, Jakarta Utara/RMOL
rmol news logo Untuk mencegah kebakaran di Depo Plumpang kembali terulang, Pertamina akan membangun buffer zone (zona penyangga) sejauh radius 50 meter. Akibatnya ada ratusan warga yang dipindahkan karena lokasi rumah mereka masuk buffer zone.

"Sementara (buffer zone) masih 50 meter dulu sih, 50 (meter) saja sudah berapa ratus KK yang harus dipindah, kalau semakin jauh otomatis akan semakin banyak lagi," kata VP Corporate Communication, Fadjar Djoko Santoso, di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/3).

Pertamina pun terus berkoordinasi dengan Pemprov DKI dan kementerian/lembaga terkait dalam rangka pembangunan buffer zone ini. Kolaborasi ini penting agar rencana besar tersebut segera bisa dieksekusi.
 
"Kemarin kita sudah meeting, sudah rapat koordinasi dengan pihak terkait, Kementerian ATR, Kemenko Marves, Pemprov (DKI), Pemkot, supaya satu suara bahwa memang buffer zone itu penting sekarang buat diimplementasikan," pungkasnya.

Depo BBM merupakan area berbahaya yang di sekelilingnya terdapat zat-zat yang mudah terbakar. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka diperlukan zona penyangga (buffer zone).

Buffer zone merupakan bagian dari aspek Health, Safety, Security, and Environment (HSSE) atau kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di sekitar wilayah tangki timbun yang rentan dengan risiko kebakaran. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA