Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PYCH Optimistis Tingkatkan Budi Daya Ikan Air Tawar Danau Sentani

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 27 Maret 2023, 00:53 WIB
PYCH Optimistis Tingkatkan Budi Daya Ikan Air Tawar Danau Sentani
Budi daya ikan air tawar binaan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Danau Sentani, Distrik Heram, Jayapura, Papua/Ist
rmol news logo Anak muda Papua yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH) bersama pembudi daya ikan optimistis bisa memaksimalkan hasil budi daya ikan air tawar seperti nila dan mujair. Budi daya dilakukan di keramba jaring apung (KJA) di Danau Sentani, Distrik Heram, Jayapura, Papua.

Penanggung jawab KJA sekaligus anggota PYCH Jayapura Fileph Jones Marweri mengatakan, pihaknya bekerja keras bersama-sama anak muda Papua untuk membudidayakan ikan air tawar di Danau Sentani untuk mendapatkan hasil laut yang maksimal.

"Di sini kami sebagai anak muda Papua binaan PYCH membimbing dan membina pembudi daya keramba jaring apung (KJA) dalam membudidayakan ikan nila dan mujair," ujar Fileph dalam keterangan tertulis, Minggu (26/3).

Dia mengatakan hasil budi daya ikan nila dan mujair per bulan bisa mencapai 500 kg. Dia bersama pembudi daya KJA yang merupakan anak muda Papua menargetkan ke depan bisa mendapat hasil hingga 1 ton per bulan.

Lanjutnya, hasil budi daya ikan air tawar ini akan dipasarkan di beberapa tempat di Jayapura. Salah satunya, Papua Youth Creative Hub (PYCH).

"Hasil budi daya ikan kami akan dijual atau dipasarkan di Papua Youth Creative Hub,  beberapa restoran, pasar, dan lainnya," terangnya.

Fileph menuturkan PYCH dapat membantu KJA dalam memasarkan hasil produksi ikan air tawar hasil budi dayanya. Dia juga berharap KJA bisa terus meningkatkan hasil produksi ikan air tawarnya melalui PYCH.

"Harapan kami, kami bisa menjalin kerja sama yang baik karena untuk meningkatkan hasil budi daya ikan dan penjualannya," ujarnya.

Fileph berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang sudah mendukung kami dalam membudidayakan ikan air tawar dan memasarkannya melalui PYCH.

"Kami juga berterima kasih kepada BIN yang selalu mendukung dan membina kami. Lalu, dan menyediakan wadah bagi kami untuk membantu memasarkan hasil budi daya kami di Papua Youth Creative Hub," pungkasnya.

Hingga kini, terdapat 120 petak KJA yang menampung sekitar 28.000 ekor ikan yang terbagi dari ikan siap panen dan benih berukuran 2 jari atau 10-11 cm. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA