Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berdagang di Trotoar, PKL Pasar Tanah Abang Ditertibkan Petugas Gabungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Jumat, 24 Maret 2023, 16:56 WIB
Berdagang di Trotoar, PKL Pasar Tanah Abang Ditertibkan Petugas Gabungan
Penertiban PKL yang berjualan di atas trotoar kawasan Pasar Tanah Abang/Ist
rmol news logo Memasuki bulan Ramadhan, pasar Tanah Abang yang berada di Jakarta Pusat kembali ramai diserbu masyarakat yang ingin berbelanja kebutuhan. Tidak hanya warga Jabodetabek, banyak pula warga dari luar daerah yang berkunjung ke pasar tekstil terbesar se-Asia Tenggara itu.

Saat ini, terpantau sudah terjadi peningkatan aktivitas perdagangan di kawasan Pasar Tanah Abang. Terlihat dari keberadaan pedagang kaki lima (PKL) di atas trotoar, yang merupakan area pejalan kaki.

Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerjunkan petugas gabungan yang terdiri dari Satpol PP, Dishub, dan PPSU untuk melakukan penataan trotoar yang "dikuasai" para PKL di kawasan Blok G Pasar Tanah Abang.

"Mengantisipasi pelanggaran PKL yang memakai trotoar atau badan jalan. Supaya nanti para pejalan kaki bisa lewat dan tidak menyebabkan kemacetan," kata Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat, Tumbur Parluhutan Purba, di lokasi, Jumat (24/3).

Tumbur pun meminta para PKL agar memberikan kesempatan kepada pejalan kaki untuk dapat menggunakan haknya di trotoar.

"Dagangan tidak melewati garis kuning, supaya jalan ini lancar dan pejalan kaki tidak perlu turun ke jalan karena jalurnya tertutup," lanjutnya.

Sejumlah barang yang mengganggu fungsi trotoar di kawasan Blok G, seperti gerobak, meja, kursi, triplek, langsung diamankan ke dalam truk Satpol PP untuk dilakukan pendataan. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA