Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jemaah Lansia Capai 64 Ribu, Kemenag Siapkan Skema Khusus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 22 Maret 2023, 10:47 WIB
Jemaah Lansia Capai 64 Ribu, Kemenag Siapkan Skema Khusus
Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kemenag RI, Subhan Cholid/Ist
rmol news logo Persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1444 H/2023 M, baik di Tanah Air maupun Tanah Suci, terus dilakukan Kementerian Agama RI. Untuk persiapan di Arab Saudi bahkan sudah mencapai 80 persen.

Disampaikan Direktur Layanan Haji Luar Negeri, Subhan Cholid, ada empat layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia selama di Arab Saudi. Empat layanan itu mencakup akomodasi, transportasi, katering, dan layanan masyair (Arafah-Muzdalifah-Mina).

Layanan transportasi mencakup bus antarkota perhajian (Madinah–Makkah dan Makkah–Madinah), bus dari bandara ke hotel di Madinah dan Makkah, serta bus shalawat yang akan beroperasi 24 jam mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya.

Untuk layanan akomodasi, Kemenag juga telah menyiapkan hotel bagi jemaah di Makkah dan Madinah.

“Untuk penyiapan layanan transportasi dan akomodasi bagi jemaah haji Indonesia di Arab Saudi, sudah selesai semua,” ucap Subhan di Jakarta, Selasa (21/3).

“Untuk layanan konsumsi dan Masyair, masih dalam proses penyiapan dan finalisasi. InsyaAllah selesai di bulan Ramadan,” sambungnya.

Lanjut Subhan, pihaknya telah menyiapkan 111 hotel untuk jemaah haji Indonesia selama berada di Makkah. Sistem sewa yang digunakan adalah full musim.

Sementara di Madinah, ada sekitar 100 hotel yang disiapkan dengan tiga skema, yaitu sewa satu musim, sewa semi musim, dan blocking time.

Adapun kuota jemaah haji Indonesia pada 2023 kembali normal, yaitu sebesar 221.000 jemaah. Jumlah ini terdiri atas 203.320 jemaah haji reguler dan 17.680 jemaah haji khusus.

Menurut Subhan, total ada 64 ribu (30 persen) jemaah yang masuk kategori lansia (usia di atas 65 tahun). Jumlah lansia ini cukup signifikan, sehingga Kemenag tengah menyiapkan skema khusus untuk memberikan layanan terbaik kepada jemaah, terutama jemaah lansia.

“Kami masih siapkan skema layanan secara komprehensif. Ini masih digodok tim, termasuk melibatkan ahli lansia dari UI. Skema layanan ramah lansia ini akan dilakukan sejak dari tanah air hingga di Saudi,” paparnya.

“Kami di Saudi juga sedang melakukan simulasi, termasuk skema menyiapkan lift khusus lansia,” sambungnya.

Selain lift, lanjut Subhan, pihaknya juga membahas bersama dengan pihak perusahaan transportasi (syarikah) di Arab Saudi untuk menyiapkan bus dengan spek yang ramah lansia. Misalnya, dek lebih rendah, pintu lebih lebar, dan kursinya juga lebih besar.

“Untuk Bus Shalawat, kita siapkan 490 armada. Selain itu, ada 10 persen atau 49 armada sebagai cadangan,” terangnya.

Di luar layanan yang akan diberikan, Subhan melihat keramahan dan kesigapan petugas menjadi faktor kunci dalam kualitas layanan.

“Kami akan melakukan bimtek untuk petugas. Apapun situasinya, petugas harus mengedepankan sikap ramah terhadap jemaah. Ini akan membantu secara psikologis jemaah dan menambah spirit mereka,” demikian Subhan Cholid. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA