Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenag Pantau Hilal Penentuan Awal Ramadhan di 124 Titik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 22 Maret 2023, 09:40 WIB
Kemenag Pantau Hilal Penentuan Awal Ramadhan di 124 Titik
Ilustrasi pelaksanaan rukyatul hilal/Ist
rmol news logo Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memantau 124 titik di seluruh Indonesia untuk menentukan awal Ramadhan 1444 Hijriyah.

“Kemenag menetapkan 124 titik rukyatul hilal di seluruh Indonesia,” kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, dalam keterangan tertulis, Rabu (22/3).

Menurutnya, rukyatul hilal akan dilaksanakan Kanwil Kementerian Agama dan Kemenag kabupaten/kota, bekerjasama dengan Pengadilan Agama dan Ormas Islam serta instansi lain di daerah setempat.

“Hasil rukyatul hilal selanjutnya akan dilaporkan sebagai bahan pertimbangan Sidang Isbat awal Ramadan 1444 H,” kata dia.

Sidang isbat awal Ramadan 1444 H dipimpin langsung Menag Yaqut Cholil Qoumas, sore ini, dihadiri sejumlah duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Selain itu juga ada Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, lembaga dan instansi terkait, anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama, dan pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam dan pondok pesantren.rmol news logo article
EDITOR: ACHMAD RIZAL

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA