Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PYCH Store, Wadah Produk UMKM Lokal Papua Tembus Pasar Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 20 Maret 2023, 14:57 WIB
PYCH Store, Wadah Produk UMKM Lokal Papua Tembus Pasar Nasional
Produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) karya Papua Youth Creative Hub (PYCH)/Ist
rmol news logo Tidak hanya ruang mengasah kreativitas, Papua Youth Creative Hub (PYCH) juga menyediakan wadah bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang dinamai "PYCH Store". Melalui wadah itu, pelaku UMKM lokal bisa menjual produk-produk khas daerah adat Papua untuk bisa menembus pasar nasional.

Koordinator PYCH Store Willy Sombuk mengatakan, unit usaha tersebut berkomitmen membantu para UMKM-UMKM di seluruh Papua agar produk mereka bisa dijangkau seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami berusaha mendistribusikan dan memasarkan produk unggulan mereka menggunakan metode digitalisasi. Sehingga produk mereka bisa lebih jauh dijangkau masyarakat luas," ungkap Willy dalam keterangan tertulis, Senin (20/3).

Willy menjelaskan, agar produk mereka bisa dijangkau dalam skala nasional, PYCH Store membuat pasar penjualan yang terintegrasi.

"Kami membuat sistem penjualan yang akan terintegrasi dengan market di seluruh Indonesia," ungkapnya.

Pemuda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan Papua Muda Inspiratif binaan Badan Intelijen Negara (BIN) tersebut mengungkapkan, saat ini, ada sekitar 124 UMKM lokal yang telah masuk PYCH Store.

"UMKM yang sudah bergabung dan menjual produknya di PYCH Store sekitar 124 UMKM. Sudah ada 1.246 pcs barang dan makanan yang sudah terdaftar di PYCH Store," ujarnya.

Di toko yang dikelolanya, dijual makanan olahan sagu dari daerah adat Mamta dan makanan olahan ikan, kerang, dan kepiting dari Saireri. Kemudian, ada hasil laut yang diolah menjadi ikan asin dan abon ikan.

Ke depan, kata Willy lagi, PYCH Store berencana membuat cabang-cabang di setiap wilayah di Indonesia. Hal tersebut dilakukan agar harga produk lokal ini bisa lebih murah dan gampang ditemukan di mana saja.

Anggota PMI Jayapura ini mengungkapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo yang telah menaruh perhatian kepada anak muda Papua, khususnya pelaku UMKM, agar terus berkreasi dan berinovasi melalui penjualan produk-produknya.

"Kami juga berterima kasih kepada Bapak Budi Gunawan selaku kepala BIN yang juga menaruh perhatian kepada anak muda Papua sehingga kami bisa terus berinovasi, dan produk-produk UMKM kami bisa dikenal luas," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA