Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Ramadan Ratusan Pengunjung Padati Pantai Babah Kuala Lhoknga Aceh Besar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 20 Maret 2023, 03:56 WIB
Jelang Ramadan Ratusan Pengunjung Padati Pantai Babah Kuala Lhoknga Aceh Besar
Sejumlah warga memadati Pantai Babah Kuala, Lhoknga, Aceh Besar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, di akhir pekan jelang awal puasa Ramadan/RMOLAceh.
rmol news logo Menjelang bulan suci Ramadan 1444 H/2023 sejumlah warga Banda Aceh dan Aceh Besar memadati lokasi wisata pantai. Salah satu pantai yang dipadati pengunjung tersebut adalah pantai Babah Kuala di Gampong Moen Ikuen, Lhoknga, Aceh Besar.

"Ini seperti Rabu Habeh, walau kita lakukan di hari Ahad," kata Muna, salah satu pengunjung kepada Kantor Berita RMOLAceh, Minggu, (19/3).

Menurut Muna, berwisata ke pantai jelang awal puasa Ramadan memang sudah tradisi turun temurun di Aceh. Apalagi seperti tahun ini yang awal puasa diperkirakan akan jatuh pada hari Kamis mendatang.

"Sama seperti pergi menghabiskan waktu akhir pekan, apalagi beberapa hari nanti kalau nggak salah Kamis sudah puasa," ujarnya.

Menurut Muna, pengunjung sering memilih pantai dan sungai sebagai tempat berlibur akhir pekan jelang Ramadan karena harganya yang relatif murah. Pengunjung juga bisa membawa sediri makanan dan minuman.

Kepadatan di pantai Babah Kuala sudah terlihat sejak pagi hari. Mulai sejak pukul 08.00 WIB, pengunjung bersama keluarga besar datang dengan membawa banyak sekali makanan. Di lokasi tersebut mereka ada yang membakar ikan dan ayam, bahkan diantara mereka ada yang memasak langsung gulai kari bebek di pantai.

Lalu kemudian, para warga akan makan bersama sembari bercengkrama, anak-anak tampak sibuk bermain di air laut, para kaum ibu - ibu sibuk berswafoto.

Sementara itu, Ali yang juga pengunjung di Pantai Babah Kuala mengaku tidak begitu tahu mengenai tradisi akhir pekan jelang Ramadan. Menurutnya tradisi ini perlu dilestarikan sebab mengandung unsur silaturahmi, sehingga bisa saling bermaaf-maafan sebelum berpuasa.

"Jadi kita makan bareng, saling berbagi cerita juga, ujungnya sebelum pulang kita saling salaman. Itulah salah satu tujuan libur akhir pekan ini, jadi memang tidak ada salahnya kita lestarikan," ujar Ali.  

Dari pengamatan wartawan Kantor Berita RMOLAceh, pantai Babah Kuala memiliki ombak laut tenang. Lokasi wisata yang berjarak 16 Kilometer atau hanya 30 menit dari pusat Kota Banda Aceh ini, sering dijadikan tempat favorit bagi para keluarga untuk berlibur.

Di lokasi ini, para orang tua tidak perlu khawatir saat anaknya berenang. Pengelola di Pantai Babah Dua juga telah  berbagai fasilitas pendukung seperti Mushola, kamar mandi, toilet, hingga terdapat pula cafe yang menjual ragam makanan dan minuman. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA