Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anak Muda Asli Papua Bikin Terobosan Baru Bidang Teknologi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 20 Maret 2023, 00:00 WIB
Anak Muda Asli Papua Bikin Terobosan Baru Bidang Teknologi
Aplikasi besutan Papua Youth Creative Hub (PYCH)/Ist
rmol news logo Anak-anak muda Papua membuat brand teknologi pertama berupa TOP.ID, akronim dari 'Torang Papua Indonesia'. Merek Ini diklaim mampu membuat aplikasi dan teknologi rakitan yang dikembangkan organisasi pemuda Papua Muda Inspiratif (PMI) di bawah binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Kapuslitbang BIN, Armi Susandi menuturkan, brand ini sudah menciptakan dua aplikasi yang bisa membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua.

“Inovasi ini telah menciptakan dua aplikasi canggih, yakni Bersih Sampah-Containder dan Papua Pacific Park yang terinstall pada gadget besutan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di bawah bimbingan Puslitbang BIN,” kata Armi Susandi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (19/3).

Melalui dua aplikasi itu pula, masyarakat Papua akan mendapatkan manfaat berupa fitur-fitur yang inovatif, di antaranya fitur pemantauan tempat pembuangan sampah (TPS) secara real-time.

"Kemudian bisa koordinasi dan pengawasan petugas kebersihan, pengelolaan sampah yang lebih maju, pengumpulan data sampah paling terkini, serta gateway pembayaran untuk retribusi sampah,” sambungnya.

Adapun aplikasi Papua Pacific Park lebih kepada sektor pariwisata di Papua.

“Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan seperti pariwisata, penginapan, dan kuliner yang dapat secara sinergis mendukung perkembangan pariwisata di Papua,” tegas Armi.

Sementara itu, Program Manager Bidang Teknologi PMI, Elia Musa Rawar berujar bahwa merek TOP.ID adalah tonggak sejarah untuk industri teknologi di Papua.

“Ini terobosan yang signifikan dan memberikan kesempatan pada generasi muda Papua untuk memiliki dan memasarkan produk mereka sendiri,” tutup Elia Musa. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA