Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Busana Adat Indonesia Warnai Karnaval PCYH Jayapura

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 19 Maret 2023, 22:37 WIB
Busana Adat Indonesia Warnai Karnaval PCYH Jayapura
Karnaval adat Indonesia di Kota Jayapura, Papua/Net
rmol news logo Busana adat Indonesia, mewarnai Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Kota Jayapura, Papua. Busana itu, dipakai oleh ratusan anak muda yang ikut serta dalam kegiatan karnaval.

Koordinator Karnaval PYCH, Dave Marcelino Kubiari mengatakan, kegiatab itu sengaja digelar untuk memperkenalkan budaya-budaya dari berbagai provinsi di Indonesia, kepada anak-anak muda Papua.

"Baju nasional itu dari 31 provinsi yang ada di Indonesia mereka membawa sekaligus mereka dikenalkan berapa banyak dan budaya apa sih, terus baju-baju Indonesia itu seperti apa. Ini ajang kita untuk memperkenalkan budaya kita yang ada di Indonesia," ujar Dave dalam keterangan tertulis, Minggu (19/3).

Selain pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, karnaval tersebut juga menampilkan kostum dari para desainer di PYCH. Masing-masing kostum, mengambil tema kekayaan alam dan budaya yang ada di Papua.

Ada pula penampilan drum band, paskibra, dan tari-tarian tradisional Papua yang dibawakan ratusan siswa dari beberapa sekolah di Jayapura

Adapun rute karnaval ialah dari auditorium Universitas Cenderawasih hingga gedung PYCH. Total jarak yang ditempuh sekitar 8 kilometer.

Dave menuturkan, selain memperkenalkan budaya Indonesia, salah satu tujuan lain karnaval ini juga untuk mensosialisasikan PYCH kepada masyarakat di Jayapura.

"Harapannya dengan karnaval ini kita dapat menjaring dan memancing anak-anak muda Papua untuk dapat tahu bahwa PYCH hadir untuk apa. Jadi PYCH hadir untuk mengembangkan kreativitas anak muda dan talenta anak muda," tuturnya.

Adapun para peserta karnaval PYCH itu merupakan anggota Papua Muda Inspiratif (PMI) yang juga dibina oleh Badan Intelijen Negara (BIN).rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA