Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gedung PYCH Rampung, Siap Sejahterakan Papua dan Papua Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 16 Maret 2023, 11:06 WIB
Gedung PYCH Rampung, Siap Sejahterakan Papua dan Papua Barat
Papua Youth Creative Hub/Ist
rmol news logo Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Distrik Abepura, Kota Jayapura selesai. Nantinya, PYCH akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Gedung yang diinisiasi Kepala BIN, Budi Gunawan dan Presiden Joko Widodo ini dibangun untuk mewadahi kreativitas masyarakat. Termasuk akan dimanfaatkan Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya menyejahterakan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Berbagai program telah dijalankan PMI bersama BIN dalam meningkatkan potensi yang ada di daerah Papua. Beberapa di antaranya bidang peternakan, pertanian, UMKM, dan pendidikan.

“Sampai saat ini ada 18 titik lokasi peternakan ayam petelur yang telah dibangun dan dibina oleh Papua Muda Inspiratif dan BIN di beberapa titik di Provinsi Papua,” kata salah satu peternak ayam petelur, Maria Fransisca Tambingo dalam siaran persnya kepada wartawan, Kamis (16/3).

Peternakan ayam petelur ini diharapkan bisa berkembang dan mampu menguasai pasar di Papua.

“Saya sebagai peternak ayam petelur memiliki target bahwa kami orang asli Papua harus menguasai pasar telur di Papua,” kata finalis Puteri Indonesia tahun 2014 ini.

Sementara itu, Koordinator Papua Muda Inspiratif wilayah Fakfak, Abdul Wahab Iha mengatakan, pihaknya bersama Pemda Kabupaten Fakfak telah menyiapkan ternak sapi, lahan ternak dan lahan penanaman jagung untuk mendukung program nasional.

“Saat ini kami yang tergabung dalam PMI sedang menjalankan program bengkel sapi atau kendang sapi untuk penggemukan sapi yang dititipkan oleh masyarakat,” ujar Abdul Wahab. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA