Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Raker Kanwil Kemenag Jateng, Diawali Doa Bersama untuk Keselamatan Warga di Lereng Merapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 12 Maret 2023, 19:59 WIB
Raker Kanwil Kemenag Jateng, Diawali Doa Bersama untuk Keselamatan Warga di Lereng Merapi
Ganjar Pranowo saat doa bersama di tengah Rapat Kerja Jajaran Kanwil Kementerian Agama Jateng/Ist
rmol news logo Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menggelar doa bersama untuk keselamatan dan kesehatan masyarakat di sekitar Kawasan Gunung Merapi, usai terjadi erupsi pada Sabtu (11/3). Doa bersama ini, digelar dalam rangkaian Rapat Kerja Jajaran Kanwil Kementerian Agama Jateng di Hotel Grand Mercure, Sukaharjo.

Di hadapan tokoh agama dan kepala Kanwil Kemenang se-Jateng, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, melalui doa bersama, warga yang berada di sekitar Gunung Merapi dapat diberi keselamatan, kesehatan serta kesabaran dalam menghadapi erupsi.

"Mumpung kumpul banyak tokoh agama, kita berdoa untuk masyarakat di sekitar Merapi agar mereka diberi kekuatan, terus Merapi berevolusi sesuai sunatullah," ujar Ganjar, Minggu (12/3).

Akibat Gunung Merapi kembali erupsi 3 daerah di Jateng terdampak terdampak guguran abu vulkanik. Yakni, Kabupaten Magelang, Kabupaten Klaten dan Kabupaten Boyolali.

Masyarakat yang berada di wilayah radius bahaya, telah diimbau untuk menjauhi lereng Merapi dan mengevakuasi diri ke tenda pengungsian jika status kembali meningkat.

"Hari ini kita semua sedang siaga Merapi sejak kemarin saya mendapatkan informasi terus-menerus. Alhamdulillah masyarakat dari sisi resilience (ketangguhan) bagus di sana," tutur Ganjar.

Terkait kondisi terkini masyarakat di sekitar Merapi, Ganjar menyampaikan sejak kemarin logistik seperti makanan, minuman dan masker telah disalurkan.

"Terus kemudian tempat pengungsian disiapkan meski belum ada yang mengungsi, sambil kita terus memantau data. Kita semua siaga dan masyarakatnya aman yang penting," demikian Ganjar.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA