Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lukisan Artificial Intelligence Denny JA Curi Perhatian Pameran Seni IMLF

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 27 Februari 2023, 22:15 WIB
Lukisan <i>Artificial Intelligence</i> Denny JA Curi Perhatian Pameran Seni IMLF
Salah satu lukisan karya Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA mewarnai ajang International Minangkabau Literacy Festival (IMLF)/Ist
rmol news logo Sebanyak 15 lukisan karya Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA mewarnai ajang International Minangkabau Literacy Festival (IMLF) yang digelar di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, pada 22-27 Februari 2023.

IMLF merupakan festival literasi skala internasional yang melibatkan hampir 200 peserta dari 12 negara, termasuk Brunei, Malaysia, Rusia, Argentina, India, Bangladesh dan Spanyol.

Pada pameran karya seni tersebut, terdapat 15 lukisan karya Denny JA yang ditampilkan. Denny JA merupakan satu dari lima orang seniman yang karyanya lolos kurasi untuk bisa ditampilkan dalam pameran tersebut.

Empat seniman lainnya yang juga ikut ambil bagian dalam pameran ini adalah Minda Sari dari Padang, Herisman Is dari Pekanbaru, Nazhatulshima Nolan dari Malaysia, dan Reshma Ramesh dari India.

Para seniman tersebut memiliki karya dengan corak, gaya dan khas masing-masing, tidak terkecuali Denny JA. Karya lukisnya merupakan bentuk seni rupa modern yang masuk ke dalam kategori digital art, di mana ia memadukan karya fotografi dengan artificial intelligence (AI).

“Saya penasaran, ingin melihat dengan mata kepala saya sendiri lukisan AI yang di Indonesia dipelopori oleh Denny JA,” ujar salah satu delegasi dari Brunei yang ikut dalam gelaran IMLF tersebut pada Minggu (26/2).

Sementara itu, kurator untuk pameran seni rupa di gelaran IMLF, yakni Iswandi, menjelaskan bahwa pameran tersebut unik dan istimewa, khususnya dari materi karya-karya yang ditampilkan.

“Pada pameran ini karya-karya konvensional dengan corak naturalis, realis dan abstrak yang menjadi ciri dari perkembangan awal seni rupa modern di Indonesia bersanding dengan karya-karya yang pada perkembangan terkini dikategorikan ke dalam digital art,” katanya.

Denny JA yang muncul dengan karya seni yang berbeda, yakni menggunakan AI, kata Iswandi, menjadi fenomena tersendiri yang berpengaruh pada karya seni.

Menurutnya, pesan-pesan spritualitas sangat terasa pada karya-karya lukisan AI Denny JA, yang juga dikenal sebagai pendiri konsultan politik di Indonesia.

“Proses berkarya bagi Denny JA sepertinya merupakan sebuah media kontemplasi sekaligus penyeimbang di tengah hiruk pikuk kehidupannya sebagai seorang konsultan, enterpreneur, dan peneliti,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA