Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ridwan Kamil Janji Lanjutkan Perjuangan Megawati Jadikan Inggit Garnasih Pahlawan Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 31 Januari 2023, 04:31 WIB
Ridwan Kamil Janji Lanjutkan Perjuangan Megawati Jadikan Inggit Garnasih Pahlawan Nasional
Dari kiri ke kanan: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, dan istri Bung Karno, Inggit Garnasih./Ist
rmol news logo Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyambut baik dengan rasas bangga usulan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadikan Inggit Garnasih sebagai Pahlawan Nasional.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, berjanji akan merealisasikan usulan itu dan mengurus segala kebutuhan administrasinya.

"Sekarang kita proses semuanya untuk Ibu Inggit Garnasih (jadi Pahlawan Nasional)," ujar Emil saat ditemui dalam Peringatan 100 Tahun Observatorium Bosscha Lembang, Senin (30/1).

Emil mengatakan, Inggit Garnasih merupakan sosok penting yang turut berjuang karena kesediaannya memenuhi segala kebutuhan Presiden Soekarno yang dalam keadaan sulit ketika itu.

"Ia menjual harta bendanya untuk mengirimkan makanan dan buku-buku saat Bung Karno ada di Penjara Sukamiskin. Sehingga lahirlah Bung Karno yang kita ketahui hari ini," ungkapnya.

Usulan gelar Pahlawan Nasional bagi Inggit Garnasih, diterangkan Emil, sudah ada dari dulu. Namun, saat ini kondisinya berbeda karena diusulkan langsung oleh Presiden Indonesia kelima Megawati Soekarnoputri yang hingga saat ini masih memiliki pengaruh besar.

"Aspirasinya sudah lama, tapi itu datang dari arahan Ibu Megawati, saya kira itu peristiwa yang sangat luar biasa," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA