Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kejar Target Jokowi, Heru Ratas Penanganan Kemiskinan Ekstrem Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 30 Januari 2023, 16:26 WIB
Kejar Target Jokowi, Heru Ratas Penanganan Kemiskinan Ekstrem Jakarta
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat gelar Ratas di Balai Kota DKI/RMOLJakarta
rmol news logo Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah menurunkan angka kemiskinan ekstrem. Presiden menargetkan tingkat kemiskinan turun menjadi 7 persen dan angka kemiskinan ekstrem menjadi 0 persen di tahun 2024.

Menyikapi hal ini, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menggelar rapat terbatas bersama perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Senin (30/1).

Dalam rapat terbatas tersebut, Heru menginstruksikan dalam waktu singkat dapat ditemukan akar masalah, sehingga dapat segera dilakukan intervensi yang tepat terkait masalah kemiskinan ekstrem tersebut dengan tepat sasaran.

“Sasarannya harus tepat. Untuk itu, saya sudah minta kepada BKKBN untuk menetapkan sampel dan memastikan data-data yang ada di Carik Jakarta (yang juga sudah terkoneksi dengan BKKBN) selalu update dan sasarannya tepat,” tegas Heru.

Lebih lanjut, data tersebut nantinya akan dilakukan profiling dan verifikasi data yang kemudian dicocokkan dengan program bantuan sosial Pemprov DKI Jakarta.

Adapun posisi kemiskinan ekstrem di DKI Jakarta per Maret 2022 mencapai 0,89 persen atau sejumlah 95.668 jiwa.

Fakta di lapangan yang ditemui oleh BPS DKI Jakarta melalui survei sosial ekonomi yang dilakukan dua kali dalam setahun, masih ditemukan sampel rumah tangga yang teridentifikasi sebagai penduduk miskin ekstrem.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA