Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gelar U Gen Summit, GPF Indonesia dan Citra Institute Ingin Tanamkan Pancasila ke Generasi Muda

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 17 Januari 2023, 22:56 WIB
Gelar U Gen Summit, GPF Indonesia dan Citra Institute Ingin Tanamkan Pancasila ke Generasi Muda
U-Gen Summit dengan tema “Merefleksikan Pancasila Di Masa Kini Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Dan Kontribusi Untuk Perdamaian Dunia” di Jakarta, Selasa (17/1)/Ist
rmol news logo Global Peace Foundation Indonesia bersama Citra Institute berkolaborasi untuk memberikan kesadaran akan pentingnya partisipasi dan keterlibatan pemuda melalui jaringan global untuk perdamaian dan pembangunan Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal itu dilakukan melalui digelarnya U-Gen Summit dengan tema “Merefleksikan Pancasila Di Masa Kini Untuk Mewujudkan Indonesia Emas 2045 Dan Kontribusi Untuk Perdamaian Dunia” di Jakarta, Selasa (17/1).

Menurut ketua Global Peace Foundation Indonesia, Fennieka Kristianto, kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajak seluruh masyarakat terutama kalangan anak muda, dari kampus dan institusi-institusi pendidikan lain, agar bersama mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila dala kehidupan berbangsa.  

“Tujuan utama dari acara ini kedepannya, akan ditindaklanjuti dengan forum diskusi, seminar, dan kerja bersama antar universitas atau institusi pendidikan lain. Agar bisa membumikan nilai-nilai Pancasila dan mampu meningkatkan kemajuan bangsa dan perdamaian,” kata Kristianto di keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa malam (17/1).

Melalui berbagai forum diskusi mengenai nilai-nilai Pancasila, menurutnya bangsa ini akan bisa saling berbagi. Sehingga, ia menambahkan, bangsa ini bisa saling menguatkan, terutama dalam meraih impian kemajuan Indonesia di tahun 2045. Apalagi tambah Fenni,  jika nilai-nilai Pancasila itu ditanamkan pada generasi muda, yang akan menjadi penerus perjalanan bangsa.

“Bahwa anak-anak muda ini sebagai generasi penerus tentunya harus bisa meningternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di kemudian hari bisa diaplikasikan, bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia. Melalui Pancasila kita bisa menguatkan Indonesia di tahun 2045. Sehingga kita bisa bersaing dengan negara adidaya lain,” katanya.

Fenni juga meyakini bahwa Pancasila dengan nilai-nilainya, mampu berkontribusi bagi dunia, terutama dalam menciptakan perdamaian. Apalagi menurutnya, dunia sudah melihat peran Indonesia di bawah Presiden Jokowi yang mencoba berperan sebagai mediator mendamaikan konflik Rusia dengan Ukraina.

“Inilah saatnya menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai jati diri bangsa Indonesia, bisa diberikan pada dunia khusus kepada negara yang beragam. Kita melihat nilai-nilai Pancasila sangat baik dan ideal untuk berbagai tempat tidak hanya di Indonesia,” katanya.

U-Gen Summit 2023 merupakan program kolaborasi antara Global Peace Foundation Indonesia dengan Citra Institute yang berfokus pada pengembangan pemuda untuk memberikan kesadaran akan pentingnya partisipasi dan keterlibatan pemuda melalui jaringan global untuk perdamaian dan pembangunan Indonesia, terutama dalam mewujudkan Indonesian Dream: Indonesia Emas 2045. U-Gen Summit diharapkan dapat menyatukan pemuda Indonesia dengan nilai moral dan inovasi sebagai agen perdamaian di masyarakat untuk mempromosikan nilai-nilai toleransi sesuai dengan nilai Pancasila serta visi One Family Under God. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA