Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Satu Bulan Stok Blangko KTP-el di Aceh "Menghilang"

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 11 Januari 2023, 13:56 WIB
Sudah Satu Bulan Stok Blangko KTP-el di Aceh "Menghilang"
Ilustrasi/Net
rmol news logo Dinas Kependudukan Aceh tengah kekurangan blanko KTP-el. Bahkan dalam sebulan terakhir mengalami kekosongan. Pihaknya masih menunggu ketersediaan stok dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Karena memang di Kementerian Dalama Negeri juga kehabisan stok dan ini baru ada lagi itu pun sangat terbatas," kata Kepala Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA), Teuku Syarbaini, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Rabu (11/1).

Syarbaini menjelaskan, dalam dua atau tiga hari ke depan blangko KTP-el akan tiba di Aceh. Namun, pihaknya hanya mendapatkan sebanyak 30 ribu blangko dari 250 ribu blangko yang diusulkan ke Kemendagri dan akan diberikan kepada 23 Kabupaten/Kota.

"Tahu sendiri lah berapa yang bisa dapat, paling maksimal lima ratus atau seribu. Kalau habis kita kasih lagi,” ujar dia.

Meskipun stok blangko habis, masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) akan mengeluarkan surat keterangan pengganti KTP. Di mana, surat atau identitas tersebut berbentuk digital.

"Jadi bisa menggunakan ponsel yang berbasis android dan bisa dapat KTP digital, ini sifatnya sementara nanti jika blangko sudah ada bisa di Dukcapil untuk meminta agar diprintkan," imbuhnya.

Syarbaini menambahkan, karena stok blangko yang diberikan sedikit, ia meminta kepada Disdukcapil untuk lebih memprioritaskan kepada pemula untuk mencetak KTP-el.

"Karena mereka kan baru dan belum punya KTP, kalau yang sudah pernah punya KTP yang hanya mengganti elemen data ini tidak terlalu mendesak apalagi identitasnya masih ada," tutup dia. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA