Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Besok, Dirut Krakatau Stell Silmy Karim Dilantik jadi Dirjen Imigrasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Selasa, 03 Januari 2023, 22:32 WIB
Besok, Dirut Krakatau Stell Silmy Karim Dilantik jadi Dirjen Imigrasi
Silmy Karim/Net
rmol news logo Direktorat Jenderal Imigrasi punya komandan baru usai Dirut Krakatau Steel, Silmy Karim ditunjuk Presiden Jokowi sebagai Dirjen Imigrasi. Silmy terpilih setelah melalui serangkaian fit and proper test jalur non-ASN.

"Pelantikan besok, Rabu (4/1) di Graha Pengayoman Kementerian Hukum dan HAM, Jl HR Rasuna Said, Setiabudi, Jakarta Selatan," demikian bunyi undangan yang disebar Humas Imigrasi, Selasa (3/1).

Meski telah ditunjuk dan akan dilantik besok, sebagaimana website Karakatau Steel, yang dilihat Selasa malam (3/1) nama Silmy Karim masih tercatat sebagai Dirut di BUMN yang memproduksi baja itu.

Sebelum sebagai Dirut Krakatau Steel, Silmy Karim pernah menjadi Dirut Pindad dan Dirut Barata. Untuk diketui, Pindad adalah perusahaan BUMN di bidang alat pertahanan yang membuat alat-alat perang, baik ringan atau pun berat. Sedangkan Barata adalah BUMN alat-alat berat.

Silmy ditunjuk sebagai Dirjen berdasarkan Keputusan Presiden No.165/TPA Tahun 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Sekjen Kemenkumham sekaligus Ketua Panitia Seleksi Dirjen Imigrasi, Andap Budhi Revianto, menjelaskan terpilihnya Silmy didasari hasil seleksi yang terdiri dari berbagai tahapan.

"Dengan adanya pejabat definitif, pelayanan imigrasi diharapkan akan semakin lebih baik dan optimal," tutur Andap.

Silmy terpilih setelah mengikuti rangkaian seleksi mulai dari proses administrasi dan rekam jejak, seleksi kompetensi bidang melalui penulisan makalah, seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultural melalui asesmen oleh Badan Kepegawaian Negara, hingga wawancara oleh Tim Pansel.

Pansel terdiri dari internal Kemenkumham sendiri, Kementerian PAN-RB, dan Lembaga Administrasi Negara. Berdasarkan hasil penilaian panitia seleksi, Silmy menjadi satu dari tiga peserta yang direkomendasikan Pansel ke Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly dan akhirnya dipilih Jokowi. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA