Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Demi Kedaulatan Pangan, Ono Surono Ingatkan Pemda Bangun Infrastruktur Tak Sekadar Jalan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 31 Desember 2022, 03:21 WIB
Demi Kedaulatan Pangan, Ono Surono Ingatkan Pemda Bangun Infrastruktur Tak Sekadar Jalan
Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono/Net
rmol news logo Peresmian lima bendungan yang dilakukan Presiden Joko Widodo di penghujung tahun 2022, tepatnya selama bulan Desember ini patut diapresiasi.

Anggota Komisi IV DPR RI Ono Surono mengatakan,  pembangunan bendungan yang dilakukan pemerintah adalah tindak lanjut komitmen Presiden Jokowi sejak 2014 untuk program kedaulatan pangan.

"Sehingga kita perlu mengapresiasi Jokowi yang mampu mewujudkan harapan petani dengan sudah dibangunnya bendungan-bendungan tersebut," tutur Kang Ono sapaan akrabnya, Jumat (30/12).

Dikatakan Ono, sejak lama irigasi yang ada di Indonesia belum mampu mengairi seluruh lahan pertanian. Bahkan, banyak jaringan irigasi yang rusak.

"Padahal masalah air dan irigasi untuk pertanian ibarat darah dan jaringan pembuluh hingga jantungnya," kata Ketua DPD PDIP Jabar tersebut seperti diberitakan Kantor Berita RMOLJabar.

Atas dasar itu, dia berharap gubernur dan bupati/wali kota harus bisa mengalokasikan anggaran pembangunan atau rehabilitasi jaringan irigasi sesuai kewenangannya, baik sekunder dan tersier.

Kang Ono mengingatkan agar pemerintah daerah tak melulu membuat prioritas pembangunan infrastruktur dalam bentuk jalan. Pasalnya, pangan adalah masalah utama bagi rakyat.

"Apalagi dengan ancaman krisis pangan dunia, maka Indonesia sebagai negara dengan lahan pertanian yang luas wajib menjadikan pertanian dan pangan sebagai prioritas untuk mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia," pungkasnya.

Adapun Presiden Joko Widodo meresmikan Bendungan Semantok di Dusun Sambikerep, Rejoso, Nganjuk pada 20 Desember 2022.

Bendungan tersebut diklaim terpanjang di Asia Tenggara dan mampu mengaliri ribuan hektare sawah, termasuk meminimalisir banjir dan diharapkan dapat meningkatkan produktivitas serta kesejahteraan petani.

Kemudian pada 23 Desember 2022, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ciawi dan Sukamahi yang dapat mencegah banjir Jakarta.

Lalu, pada  27 Desember 2022, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Sadawarna Sumedang di Kecamatan Surian, Kabupaten Sumedang. Bendungan Sadawarna ditargetkan mampu meningkatkan produksi padi bagi petani.

Terakhir, pada 29 Desember 2022, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Beringin Sila Sumbawa yang memiliki luas genangan 126 hektare dan bisa mengairi sawah 3.500 hektare. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA