Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Firli Bahuri: Nilai-nilai yang Ditanamkan dari Seorang Ibu Pondasi Kuat Selesaikan Ragam Persoalan, Termasuk Korupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Kamis, 22 Desember 2022, 20:51 WIB
Firli Bahuri: Nilai-nilai yang Ditanamkan dari Seorang Ibu Pondasi Kuat Selesaikan Ragam Persoalan, Termasuk Korupsi
Ketua KPK RI Firli Bahuri/Net
rmol news logo Bagi Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, momen peringatan Hari Ibu sejatinya tidak hanya dijadikan ceremony tahunan semata, namun sepatutnya dimaknai esensi khususnya nilai-nilai hidup kehidupan dan pengorbanan besar seorang ibu, bagi kita anak-anaknya.

“Perempuan Berdaya, Indonesia Maju yang diusung sebagai tema besar dalam peringatan tahun ini sangat tepat, mengingat hanya di tangan sosok nan sederhana namun memiliki daya luar biasa inilah, yang menentukan kualitas dan integritas generasi penerus bangsa, untuk kemajuan Indonesia,” kata Firli dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (22/12).

Karena menurut Firli, sosok ibu dapat membentuk kepribadian, watak dan jatidiri seorang anak di dalam setiap tahapan proses alamiah 'asah, asih, asuh' sejak mengandung, melahirkan, merawat hingga membesarkan anak-anak, buah hatinya.

Nilai-nilai dasar ketuhanan, agama, moral, akhlak, etika dan budaya serta kejujuran yang ditanamkan oleh seorang ibu kepada anak-anaknya, kata Firli, adalah pondasi kuat yang mengakar jauh ke dalam untuk membentuk karakter kuat dan integritas yang baik dan kokoh seorang anak, hingga mereka dewasa kelak.

“Generasi-generasi bangsa seperti inilah, yang sejatinya menjadi solusi negara dalam menghadapi sekaligus menyelesaikan ragam permasalahan besar bangsa, salah satunya korupsi dan perilaku koruptif, yang telah berurat akar di republik ini,” tekan Firli.

Karena korupsi, adalah persoalan besar dan utama yang tengah dihadapi negara-negara dunia khususnya Indonesia, hanya bisa diselesaikan apabila
segenap anak-anak bangsa di republik ini, tertanam karakter dan integritas baik yang senantiasa disemai oleh ibu, untuk meredam nafsu tamak, yang menjadi biang keladi timbulnya perilaku koruptif.

“Tidak dapat dipungkiri, tamak atau ketamakan sejatinya ada dalam diri setiap manusia, tanpa terkecuali. Namun dengan nilai-nilai ketuhanan, agama, moral, akhlak, etika dan budaya serta kejujuran yang dihembuskan ibu mulai dalam kandungan hingga terlahir kedunia-lah, yang dapat mengekang ketamakan, sisi kelam terdalam manusia,” kata Firli.

Firli berkesimpulan, bahwa karakter keluarga antikorupsi peran seorang ibu amatlah sentral. Sebab, nilai-nilai kejujuran, kesederhanaan, moral dan etika, senantiasa diembuskan ibu ke penjuru kalbu setiap individu yang menjadi bagian dalam keluarga, sehingga terbentuklah keluarga antikorupsi.

“Karena itulah, saya mengajak seluruh anak-anak bangsa di Republik ini, untuk senantiasa menjaga martabat, harga diri keluarga khususnya orang tua kita, mengingat kita tentunya menjadi kebanggan ibu dan ayah saat terlahir ke dunia,” demikian Firli. rmol news logo article

EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA