Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cegah Banjir, Pembangunan Tanggul di Kali Pondok Maharta Capai 90 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/bonfilio-mahendra-1'>BONFILIO MAHENDRA</a>
LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA
  • Kamis, 15 Desember 2022, 15:57 WIB
Cegah Banjir, Pembangunan Tanggul di Kali Pondok Maharta Capai 90 Persen
Pembangunan tanggul di kali Pondok Maharta RW 09, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan, telah mencapai 90 persen/RMOL
rmol news logo Proses pembangunan turap atau tanggul di kali Pondok Maharta RW 09, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan mencapai 90 persen. Diperkirakan, akhir bulan ini pembangunan tanggul sudah selesai.

"Sudah 90 persen progres fisik, target kita di 20 Desember selesai," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangerang Selatan, Robby Cahyadi, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (15/12).

Sebelum tanggul setinggi sekitar 1,5 meter itu rampung, Robby menjelaskan, pihaknya akan memasang pintu-pintu air dan pompa sedot air statis di wilayah Pondok Maharta.

Tujuannya, untuk menahan air tak masuk ke permukiman warga.

"Pintu air 14 di lokasi proyek pintu-pintu kiri dan kanan, kan dia pakai pintu gitu kalau air banjir dari kali enggak ke lingkungan. Kemudian ada tanggul belum nutup juga sekitar 40 meter lah sisanya kalau diarah aliran sisi kanan," kata Robby.

Setelah pembangunan tanggul selesai, Robby berjanji akan mengeruk isi kali Pondok Maharta dari belakang ke depan guna mengangkut sampah dan puing yang sempat membuat kali menjadi dangkal.

Dengan pemasangan tanggul tersebut, Robby optimistis Podndok Maharta pada 2023 bebas banjir.

Sebelumnya, setiap hujan deras mengguyur dalam hitungan menit, air dari kali cepat sekali meluap dan membuat banjir wilayah Pondok Maharta RW 09.

Material banjir berupa lumpur dan sampah kerap membuat pusing warga yang membersihkannya. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA