Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Terbang ke Brussel

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Desember 2022, 07:48 WIB
Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa, Jokowi Terbang ke Brussel
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Presiden Joko Widodo akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Uni Eropa di Brussel, Belgia yang berlangsung pada hari ini, Rabu (14/12).

Jokowi didampingi ibu negara, Iriana Jokowi, dan sejumlah delegasi telah bertolak menuju Brussel dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada Selasa (13/12).

“Pagi hari ini, saya bersama Ibu Negara dan juga delegasi terbatas akan menuju ke Brussel di Belgia, dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-EU dalam rangka 45 tahun hubungan ASEAN dan Uni Eropa,” kata Jokowi dalam pernyataan pers sebelum keberangkatan, seperti dikutip dari Setkab.

Presiden menekankan, hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa harus terus diperkuat karena Uni Eropa salah satu mitra dagang strategis bagi ASEAN.

Pada 2021, nilai perdagangan antara ASEAN dan Uni Eropa mencapai 268,9 miliar dolar AS, terbesar ketiga setelah Republik Rakyat China dan Amerika Serikat (AS).

Sementara foreign direct investment (FDI) atau investasi asing langsung dari Uni Eropa ke ASEAN mencapai 26 miliar dolar AS pada tahun yang sama. Ini merupakan FDI terbesar kedua ke ASEAN setelah China.

"Inilah kenapa terus kita perkuat, terus kita tingkatkan hubungan yang baik antara ASEAN dan Uni Eropa,” ucap Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi juga berharap agar hubungan perdagangan serta investasi antara Indonesia dengan Uni Eropa juga terus meningkat.

Adapun kunjungan ke Belgia kali ini dilakukan Jokowi dalam waktu singkat, kurang dari 24 jam, dan kemudian kembali ke tanah air. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA