Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antrean Panjang Pengisian BBM di Aceh Bisa Berdampak terhadap Penurunan Produktivitas Masyarakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 11 Desember 2022, 02:29 WIB
Antrean Panjang Pengisian BBM di Aceh Bisa Berdampak terhadap Penurunan Produktivitas Masyarakat
Antrean kendaraan saat mengisi BBM di salah satu SPBU Kota Banda Aceh/RMOLAceh
rmol news logo Kebijakan pemerintah pusat menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan mengurangi kuota BBM, hanya akan merugikan masyarakat. Seharusnya, jika harga BBM naik, stok di pasaran bisa lebih banyak.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Namun harga sudah naik, di pasar hanya sedikit kuota BBM," kata pengamat kebijakan publik, Nasrul Zaman, kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (10/12).

Menurut Nasrul, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah terkesan seperti bentuk keragu-raguan atau diduga sebagai akal-akalan untuk menghilangkan BBM jenis Pertalite dan Solar.

"Ini sangat berbahaya, hingga ada yang mengantre sampai berjam-jam untuk mengisi BBM. Sehingga gara-gara kebijakan ini banyak masyarakat hilang angka produktivitas sehari-hari," ujar Nasrul.

Sebelumnya, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Aceh mengimbau pemilik kendaraan untuk mengunakan  barcode saat membeli bahan bakar minyak (BBM) subsidi di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Ketua Hiswana Migas Aceh, Nahrawi Noerdin menyebutkan, pengunaan barcode ini selain bertujuan agar penyaluran BBM bersubsidi di Aceh benar-benar tepat sasaran, juga akan membuat proses transaksi dan pengisian BBM di SPBU berlangsung cepat sehingga dapat mengurangi antrean panjang.

"Hal ini perlu dilakukan karena bisa jadi kedepannya pembelian BBM bersubsidi di setiap SPBU hanya dilayani dengan penggunaan barcode," kata Nahrawi.

Menurut owner D'Energy Cafe ini, Pertamina saat ini telah menerapkan pembelian BBM Solar subsidi menggunakan QR Code di aplikasi My Pertamina yang diberlakukan sejak 1 Desember 2022 lalu.

Pengusaha yang karib disapa Toke Awi ini juga mengatakan bahwa terkait barcode ini, masyarakat dapat mendaftar di situs resmi MyPertamina melalui tautan https://subsiditepat.mypertamina.id/.

Toke Awi menjelaskan, bahwa pengunaan barcode dimaksudkan untuk mengendalikan penyaluran BBM bersubsidi, terutama jenis Solar yang banyak dibutuhkan oleh konsumen industri. Selain itu penggunaan barcode juga akan mempercepat proses transaksi, sehingga antrean panjang diharapkan akan lebih cepat terurai. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA