Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Launching Majalah Digital, IMM Ciputat Soroti Organisasi Mahasiswa yang Masih Konvensional  

LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 09 Desember 2022, 22:12 WIB
Launching Majalah Digital, IMM Ciputat Soroti Organisasi Mahasiswa yang Masih Konvensional  
PC IMM Ciputat menggelar Grand Launching Majalah Insight dan Bincang Majalah di Aula Fascho IMM Ciputat/Ist
Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Ciputat menggelar Grand Launching Majalah Insight dan Bincang Majalah di Aula Fascho IMM Ciputat.

Setelah tahun 2014 Pimpinan Cabang IMM Ciputat akhirnya merilis Majalah Insight edisi pertamanya di bulan November dengan mengangkat tema “Organisasi Mahasiswa, Berbenah atau Punah?”

Hadir sebagai pembicara dalam acara Grand Launching dan Bincang Majalah ini Dr. M. Dwi Fajri selaku Wakil Dekan IV FKIP Uhamka dan Dani Setiawan selaku Dosen FISIP UIN Jakarta.

Acara dimulai dengan pembukaan yang diikuti dengan menyanyikan Mars IMM, lalu sambutan dari Muhamad Bukhari Muslim sebagai Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan dan Farhan Effer Dalimunthe sebagai Ketua Umum PC IMM Ciputat peridoe 2022-2023. Setelah pembukaan, acara dilanjut dengan sesi Grand Launcing yang diisi dengan foto bersama.

Selanjutnya adalah bincang majalah yang membawakan topik literasi dan organisasi mahasiswa di kampus. Brilliant Dwi Izzulhaq sebagai moderator membuka bincang ini dengan mengatakan bahwa terjadi penurunan tren bagi mahasiswa untuk mengikuti Organisasi Mahasiswa,

“Dikarenakan adanya ketidakrelevanan dan intra politik yang rumit dalam organisasi ekstra kampus” ucapnya, Jumat (9/12).

Dwi Fajri selaku pembicara pertama mengatakan majunya sebuah masyarakat dan bangsa tergantung dari literasi masyarakatnya sendiri. Sebab diketahui Indonesia salah satu negara dengan tingkat literasi yang rendah.

Mantan Ketua Umum PC IMM Ciputat itu juga mengatakan harus ada seseorang atau kelompok untuk memulai gerakan literasi,

“Dalam masyarakat harus ada ummah atau kelompok yang harus memulai dan mewadahi literasi untuk masyarakat,” ujar dia.

Sementara pemateri selanjutnya Dani Setiawan Dosen FISIP UIN Jakarta, berpendapat tentang tema majalah kali ini yaitu “Organisasi Mahasiswa Berbenah atau Punah?”. Menurutnya strategi dari organisasi mahasiswa harus diubah bukan dari orientasi organisasinya,

“Jangan mengubah orientasi organisasinya karena kita tetap akan ada di jalur itu, tetapi ubahlah strateginya”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPD IMM DKI Jakarta Yudhistira Wicaksono mengharapkan majalah Insight terus mengeluarkan edisi-edisi berikutnya.

"Saya mengapresiasi PC IMM Ciputat kembali menerbitkan kembali majalah Insight yang sudah lama vakum. Dan semoga istiqomah menerbitkan edisi selanjutnya,” kata Yudhis.


EDITOR: IDHAM ANHARI

ARTIKEL LAINNYA