Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Bawaslu Lampura Gelar Konsolidasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 08 Desember 2022, 02:38 WIB
Bawaslu Lampura Gelar Konsolidasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung Utara melaksanakan konsolidasi pengawasan pemuktahiran data pemilih/RMOLLampung
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lampung Utara terus meningkatkan pengawasan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 dengan konsolidasi pengawasan pemuktahiran data pemilih pada tahapan pemilu.

Kegiatan dihadiri Ketua Bawaslu Lampung, Iskardo P. Panggar, Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Abdul Kholiq, Agus Romdani, Putri Intan Sari, dan Narasumber dari UIN, Fathul Mu’in, Rabu (7/12).

"Hari ini Bawaslu melaksanakan konsolidasi pengawasan pemuktahiran data pemilih pada tahapan pemilu tahun 2024,” kata Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Lampura, Dwi Hendro Nugroho dikutip Kantor Berita RMOLLampung.

Dikatakan Dwi, tujuan konsolidasi untuk meningkatkan peran serta pengawas adhoc dalam pengawasan pemuktahiran data pemilih yang ada di kecamatan. Hal ini tentunya diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

"Konsolidasi ini berdasarkan UU 7/2017 tentang Pemilu dan Perbawaslu 1/2021 serta Perbawaslu 3/2022 tentang Tata Kerja dan Pola Hubungan Bawaslu, Bawaslu Provinsi, Kabupaten/kota dan Panwaslu kecamatan,” terangnya.

Dijelaskan dia, konsolidasi ini diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari anggota panwascam koordinator divisi hukum pencegahan (Parmas) dan Humas Panwascam se- Lampung Utara.

Komisioner Bawaslu Lampung Utara, Abdul Kholiq menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah satu hari sebelumnya pihaknya melaksanakan Konsolidasi tentang fungsi kehumasan bagi Panwascam.

Menurutnya, pemutakhiran data pemilih menjadi persoalan yang krusial dan perlu dilakukan dengan seksam. Semestinya hal ini bukan hanya penyelenggara pemilu saja melainkan diperlukan peran serta masyarakat untuk turut serta untuk terciptanya data pemilih yang tepat dan akurat dan mutakhir.

"Untuk itu pemutakhiran data harus dilakukan secara terus menerus dengan tujuan pemutakhiran data pemilih untuk pemeliharaan data pemilih,” pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA