Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menuju Nataru, Seluruh Wilayah Indonesia Perpanjang PPKM Level 1

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 06 Desember 2022, 07:35 WIB
Menuju Nataru, Seluruh Wilayah Indonesia Perpanjang PPKM Level 1
Ilustrasi/Net
Pemerintah mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 selama periode libur hari raya Natal dan tahun baru (Nataru) dengan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Mulai 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023, seluruh wilayah di Indonesia akan memberlakukan PPKM Level 1.

Perpanjangan PPKM ini berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) No. 50/2022 untuk Jawa-Bali dan Inmendagri No. 51/2022 untuk luar Jawa-Bali.

"Pemerintah tetap harus mengambil keputusan memperpanjang PPKM untuk menahan laju kenaikan Covid-19, terutama menjelang libur Natal 2022 dan tahun baru 2023," ujar Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA dalam keterangannya pada Selasa (6/12).

Dengan perpanjangan PPKM ini, pemerintah pusat dan daerah dapat mempersiapkan langkah-langkah antisipatif demi mencegah munculnya pusat penyebaran Covid-19 selama Nataru.

"Sehingga kegiatan masyarakat, baik di tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya dapat berjalan dengan baik," tambahnya.

Di samping itu, ia juga mendorong agar semua pihak tetap terus memperhatikan penerapan protokol kesehatan, termasuk screening menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Safrizal juga mengajak seluruh komponen masyarakat meningkatkan capaian vaksinasi booster, yang hingga pekan ini masih berada di bawah 30 persen.

"Tidak henti-hentinya kami menyerukan kepada seluruh kompnen pemerintaj, serta masyarakat untuk meningkatkan capaian vaksin booster," demikian Safrizal.

ARTIKEL LAINNYA