Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Luncurkan Petani Muda Ogan Ilir Bangkit, Panca Wijaya: Wadah persiapan Petani Muda Berkompetensi

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 06 Desember 2022, 05:39 WIB
Luncurkan Petani Muda Ogan Ilir Bangkit, Panca Wijaya: Wadah persiapan Petani Muda Berkompetensi
Peluncuran Petani Muda Ogan Ilir Bangkit/Ist
Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir gali potensi petani muda dengan meluncurkan program unggulan daerah di bidang pertanian yaitu “Petani Muda Ogan Ilir Bangkit” di Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Senin (5/12).

Peluncuran program yang dilakukan langsung oleh Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar, mengangkat tema "Menjadi Agrotechnopreneur, Bertalenta Digital, dan Berbasis Kearifan Lokal".

Panca Wijaya menjelaskan, tujuan peluncuran itu untuk meningkatkan minat dan kompetensi generasi muda di bidang pertanian di Kabupaten Ogan Ilir.

Program unggulan tersebut, merupakan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir, dalam hal ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian bersama Gerakan Aku Petani Indonesia.

"Kegiatan ini merupakan wujud mempersiapkan petani muda yang memiliki standar kompentensi dengan dukungan kurikulum yang disusun oleh Aku Petani Indonesia," ujar Panca Wijaya Akbar dalam keterangan tertulisnya.

Adapun kurikulum yang diberikan secara intensif menyangkut topik mengenai budidaya pertanian berkelanjutan, teknologi mesin pasca panen, entrepreneurship, leadership, desain dan branding produk-produk pertanian.

Ia berharap program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit dapat meningkatkan minat generasi muda di Kabupaten Ogan Ilir untuk bisa berkarya di bidang pertanian.

“Bisa menjadi petani maupun pengusaha di bidang pertanian,” terangnya.

Lebih lanjut, program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 ini nantinya akan berkelanjutan, sehingga dapat mewujudkan Ogan Ilir Bangkit melalui aktivitas ekonomi yang dihasilkan oleh para petani muda.

Hal senada juga diungkapkan oleh founder Aku Petani Indonesia, Adhitya Herwin Dwiputra. Kata dia, Aku Petani Indonesia berkeinginan untuk mensukseskan program Petani Muda Ogan Ilir Bangkit 2022 melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan.

"Pendampingan dilakukan dari dari tim Aku Petani Indonesia yang memiliki keahilan di bidang budidaya, teknologi pertanian, branding dan entrepreneurship," pungkasnya.

ARTIKEL LAINNYA