Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Liga 1, 2, dan 3 Dilanjutkan Tanpa Penonton, Menpora: Semua Tergantung Evaluasi

LAPORAN: AGUS DWI
  • Senin, 05 Desember 2022, 17:50 WIB
Liga 1, 2, dan 3 Dilanjutkan Tanpa Penonton, Menpora: Semua Tergantung Evaluasi
Konferensi pers Menko Polhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo terkait lanjutan kompetisi sepak bola di Indonesia, Senin (5/12)/Net
Setelah terhenti sebagai dampak dari Tragedi Kanjuruhan, mulai hari ini, Senin (5/12), kompetisi Liga 1 kembali dilanjutkan. Akan tetapi, kompetisi dijalankan dengan sistem bubble dan tanpa kehadiran penonton.

Soal kapan Liga 1, 2, dan 3 boleh dihadiri oleh penonton kembali, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengatakan, semuanya tergantung pada evaluasi yang dilakukan nanti.

"Tentu dalam perjalanannya akan ada evaluasi yang dilakukan pemerintah dan Polri. Bisa saja ada hal-hal yang perlu diperbaiki," ujar Zainudin Amali usai bertemu dengan Menkopolhukam Mahfud MD dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Senin (5/12).

Nantinya, evaluasi akan melibatkan pemerintah, dalam hal ini beberapa kementerian seperti Kemenpora, KemenPUPR, dan Kemenkes, lalu PSSI, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB), serta Polri.

Evaluasi inilah yang kemudian akan menghasilkan rekomendasi yang berujung pada keluarnya izin dari pihak Polri.

"Izin itu (kehadiran penonton) tergantung Polri," jelas Menpora.

Pemerintah secara resmi mengizinkan berlangsungnya kembali Liga 1, 2, dan 3 musim 2022-2023 dengan syarat tanpa penonton di stadion.

Pernyataan pemerintah itu disampaikan oleh Menkopolhukam Mahfud MD di Kantor Kemenpolhukam, Jakarta, Senin (5/12), setelah melakukan rapat dengan Menpora Zainudin Amali dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolri menegaskan bahwa pihaknya selalu mendukung pelaksanaan kompetisi sepak bola Indonesia demi prestasi yang mengharumkan nama bangsa.

Namun, pascaperistiwa di Stadion Kanjuruhan, Polri yang juga menjadi bagian dari Gugus Tugas Transformasi Sepak Bola Indonesia merumuskan sebuah regulasi yaitu Peraturan Polri Nomor 10 tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

Regulasi ini ditetapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada 28 Oktober 2022 lalu diundangkan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada 4 November 2022.

"Di dalam aturan itu mengatur juga soal sebelum, saat, dan setelah pertandingan. Penyesuaian dengan aturan FIFA juga diperjelas termasuk penggunaan gas air mata. Oleh karena itu, sesuai kesepakatan, Polri mendl pengamanan sepak bola, evaluasi, perizinan, metode serta rangkaian pengamanan bukung untuk menyelesaikan sisa kompetisi yang ada," jelas Kapolri.

Kembalinya kompetisi sepak bola Indonesia diawali dengan lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 pada Senin (5/12). Ada 4 pertandingan pada hari pertama lanjutan Liga 1 hari ini. Yaitu Bhayangkara FC versus PSS, Madura United versus PSIS, PSM versus Persikabo, dan Persita versus Bali United.

LIB menggulirkan lanjutan Liga 1 Indonesia 2022-2023 dengan format terpusat atau bubble dan tanpa penonton stadion. Lokasi yang dipilih adalah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta sampai selesai putaran pertama.

Pada putaran kedua, Liga 1 direncanakan akan kembali dengan format normal kandang-tandang.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA