Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Imbau Masyarakat Tenang, Khofifah: Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru Adalah Prioritas

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Minggu, 04 Desember 2022, 23:14 WIB
Imbau Masyarakat Tenang, Khofifah: Penanganan Bencana Erupsi Gunung Semeru Adalah Prioritas
Tim BPBD Jawa Timur/Net
Pemerintah Provinsi Jawa Timur pastikan akan memberikan pelayanan terbaik bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru yang kini sementara waktu harus mengungsi.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan petugas di lapangan untuk menuju zona aman.

Saat ini, kata dia, Pemprov Jatim melalui BPBD Jatim dan relawan telah bergerak menuju lokasi erupsi untuk melakukan penanganan evakuasi dan membantu penyiapan logistik kepada masyarakat sekitar yang terdampak.

"Kami telah berkoordinasi dengan Pemkab Lumajang, khususnya Bupati Lumajang guna mengawal langsung upaya penanganan bencana erupsi Gunung Semeru," ujar Khofifah dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (4/12)..

Ditegaskan Khofifah, penanganan bencana Gunung Semeru ini menjadi prioritas utama Pemprov Jatim utamanya dalam evakuasi para korban terdampak. Termasuk diantaranya kebutuhan para pengungsi.

"Sore ini tim BPBD Jatim sudah mulai mengirimkan bantuan baik kebutuhan pokok masyarakat terdampak maupun relawan," katanya.

Saat ini terdapat 12 titik pengungsian yang sudah disiapkan dan diisi pengungsi sebanyak 2.219 jiwa.

Hingga saat ini pun, pihak petugas masih terus melakukan proses pendataan para pengungsi guna memaksimalkan bantuan. Data ini sedang berproses sehingga dapat berubah sampai pendataan berahir.

Sementara itu, untuk layanan kesehatan terdapat di Puskesmas Pasirian dan Puskemas Tempeh, telah disiapkan menjadi tempat perawatan sementara rujukan dari Puskesmas Penanggal dan Puskesmas Candipuro.

ARTIKEL LAINNYA