Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Gunung Semeru Erupsi, Khofifah Minta Warga Tidak Panik dan Segera Evakuasi Diri

LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Minggu, 04 Desember 2022, 18:35 WIB
Gunung Semeru Erupsi, Khofifah Minta Warga Tidak Panik dan Segera Evakuasi Diri
Salah satu semburan abu vulkanik Gunung Semeru yang terekam CCTV/Repro
Akibat erupsi Gunung Semeru Minggu pagi (4/12), dan kini statusnya  awas, Gubernur Jawa Timur Khofifah meminta warga di area terdampak tidak panik dan segera mengevakuasi diri.

Khofifah menjelaskan, berdasarkan data Pos Pengamatan Gunung Semeru Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),  tinggi kolom abu teramati ± 1500 m di atas puncak atau ± 5176 mdpl.

Dengan status itu, kata Khofifah, masyarakat dilarang melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pmengimbau seluruh masyarakat yang berada di lokasi sekitar Gunung Semeru Lumajang, untuk segera menyelamatkan diri dan mencari titik-titik evakuasi terdekat yang sudah disiapkan oleh petugas.

"Saya mohon agar masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan tidak melakukan aktifitas apapun dan tidak panik. Saat ini utamakan keselamatan, evakuasi diri terlebih dahulu. Tolong, karena saat ini aktivitas Semeru meningkat, segera cari dan evakuasi diri agar aman dan selamat," kata Gubernur Khofifah, Minggu petang (4/12).

Khofifah menyatakan, sudah ada 12 titik pengungsian yang telah diisi 2 ribu lebih warga di area terdampak.

Hingga saat ini, pihak petugas masih terus melakukan proses pendataan para pengungsi untuk memaksimalkan bantuan. Data ini sedang berproses sehingga dapat berubah sampai pendataan berakhir.

ARTIKEL LAINNYA