Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Garut Masih Diguncang Gempa Susulan dengan Magnitudo 3,3

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 04 Desember 2022, 00:58 WIB
Garut Masih Diguncang Gempa Susulan dengan Magnitudo 3,3
Ilustrasi/Net
rmol news logo Gempa susulan masih terjadi di Kabupaten Garut, Jawa Barat, setelah diguncang gempa utama dengan magnitudo 6,1 pada Sabtu sore (3/12). Ini merupakan hasil pemantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hingga Sabtu malam.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Hingga pukul 19.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya aktivitas satu kali gempa bumi susulan dengan magnitudo 3,3 pada pukul 17.59 WIB," ucap Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, melalui keterangannya di Jakarta, Sabtu (3/12).

Sebelumnya, BMKG melaporkan telah terjadi gempa tektonik pada pukul 16.49 WIB di wilayah Garut Selatan. Pusat gempa M6,1 itu terletak di darat 49 km barat daya Kabupaten Garut di kedalaman 109 km.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjut Daryono, gempa yang terjadi merupakan jenis menengah akibat adanya deformasi atau patahan dalam lempeng Indo-Australia (intraslab) yang menujam ke bawah Jawa Barat.

Daryono pun meminta masyarakat tetap tenang dan menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tutur Daryono.

Masyarakat juga diminta untuk mendapatkan informasi resmi terkait gempa hanya dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA