Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Solidaritas Korban Gempa Cianjur, Korpri KPK Serahkan Donasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Rabu, 30 November 2022, 18:06 WIB
Solidaritas Korban Gempa Cianjur, Korpri KPK Serahkan Donasi
Ketua Korpri KPK, Cahya H. Harefa, menyerahkan donasi untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat/Ist
rmol news logo Sebagai wujud solidaritas dan gotong royong kepada para korban bencana gempa bumi yang melanda wilayah Cianjur dan sekitarnya, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyerahkan donasi kemanusiaan bagi para korban.

Donasi itu disampaikan langsung oleh Ketua Korpri KPK, Cahya H. Harefa, yang diterima oleh Bupati Cianjur Herman Suherman bersama Sekretaris Daerah Cecep S. Alamsyah di Pendopo Kabupaten Cianjur, Rabu (30/11).

"Mewakili insan KPK, kami menyampaikan rasa keprihatinan yang mendalam kepada para korban bencana. Dalam kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan donasi semoga bisa membantu para korban yang terdampak bencana ini," ujar Cahya yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPK kepada wartawan, Rabu sore (30/11).

Donasi yang disampaikan tersebut, merupakan penggalangan dari para insan KPK mulai dari pimpinan, Dewan Pengawas (Dewas), mulai pegawai. Baik dalam bentuk uang tunai maupun barang, seperti makanan dan minuman, pakaian, perlengkapan bayi dan anak-anak, peralatan ibadah, perlengkapan mandi, tikar, selimut, hingga tenda.

Selain ihwal penyampaian donasi ini, KPK juga memberikan perhatian terhadap pendistribusian donasi bagi para korban bencana secara keseluruhan agar tepat sasaran dan tidak terjadi praktik-praktik tindak pidana korupsi.

"Dari histori penanganan perkara oleh KPK, pengelolaan dana bantuan kebencanaan menjadi salah satu modus tindak pidana korupsi para pihak yang menyalahgunakan kewenangannya. Kami tidak ingin hal ini terjadi, oleh karena itu KPK juga memberikan atensi dalam pendistribusian donasi bencana Cianjur ini," pesan Cahya.

Lebih lanjut Cahya menerangkan, KPK melalui Kedeputian Koordinasi Supervisi serta Kedeputian Pencegahan dan Monitoring, secara kontinyu akan melakukan pendampingan kepada pemerintah daerah Cianjur untuk memitigasi dan mencegah terjadinya risiko korupsi tersebut.

Untuk memperlancar pendistribusian donasi ini, Korpri KPK pun menggandeng para komunitas relawan setempat. Agar donasi yang disampaikan tersebut bisa segera didistribusikan langsung kepada para korban yang membutuhkan.

"Semoga teman-teman di Cianjur bisa tetap tabah dan kuat menghadapi cobaan ini, dan yang terpenting tetap memiliki semangat untuk kembali pulih dan bangkit," pungkas Cahya.

Sementara itu, Bupati Herman menyambut baik perhatian dan donasi yang disampaikan oleh KPK. Herman pun berjanji akan segera mendistribusikan bantuan sosial tersebut secara tepat sasaran.

"Dukungan moril dan materiil ini sangat berarti dan menjadi penyemangat bagi kami untuk bisa segera bangkit dari kondisi ini," kata Herman.

Cecep menambahkan, jajaran pemerintah daerah Cianjur memastikan tetap menjalankan roda pemerintahannya untuk melayani masyarakat dalam kondisi darurat ini.

"Pascabencana ini mulai muncul berbagai penyakit akibat sanitasi buruk dan pencemaran lingkungan lainnya seperti diare, demam, juga Ispa. Pemerintah daerah pun intens berkoordinasi dengan pemerintah pusat serta dengan dukungan BUMN/BUMD menanggulangi permasalahan ini, meski harus melaksanakan rapat di tenda-tenda," tutup Cecep. rmol news logo article
EDITOR: AGUS DWI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA