Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Terjun ke Cianjur, Rotary D3410 Bawa Pendongeng untuk Anak-anak Korban Gempa

LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Sabtu, 26 November 2022, 15:39 WIB
Terjun ke Cianjur, Rotary D3410 Bawa Pendongeng untuk Anak-anak Korban Gempa
Rotary Distrik 3410 hadirkan pendongeng untuk anak-anak korban gempa Cianjur, Jawa Barat/Ist
Gempa bumi Canjur yang menelan ratusan korban jiwa memantik sejumlah elemen masyarat, mulai dari pemerintah hingga non-government organization (NGO) terlibat aktif membantu warga terdampak.

Salah satunya dilakukan oleh Rotary Distrik 3410. Lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang bergerak di sektor kemanusiaan ini bahkan sudah menerjunkan tim reaksi cepat sejak satu jam dari gempa bumi yang terjadi pada Senin (21/11).

Tim reaksi cepat Rotary Distrik 3410 juga bergerak cepat mendirikan tenda-tenda ramah anak untuk korban terdampak di Cianjur, Jawa Barat.

"Sejumlah 7 orang medis didatangkan dari Bandung dan 10 rescue dari Jakarta," kata salah satu pengurus Rotary Distrik 3410, Eko kepada redaksi, Sabtu (26/11).

Rotary 3410 ini turut didukung oleh ARC (aksi reaksi cepat), RSA (Rumah Sakit Advent) Bandung, mahasiswa BEM Universitas Advent Indonesia (UNAI) dan mapala menjangkau daerah terdalam yang belum dijangkau bantuan.

Pada Jumat kemarin (25/11), Rotary juga turut mengirimkan pendongeng nasional Kak Danang untuk menghibur anak-anak korban gempa di lokasi.

"Anak-anak ini selamat dari reruntuntuhan sekolah yang hancur dan menewaskan 21 orang. Walaupun sedang kena musibah, kita harus berusaha agar mereka tetap ceria dengan menyanyi dan menggambar," sambungnya.

Tim Rotary D3210 juga berkomitmen untuk terus membantu para penyintas terutama anak-anak, wanita rentan, dan lansia.

Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Jumat (25/11), tercatat korban jiwa gempa Cianjur telah mencapai 310 orang. Sedangkan ada 24 orang lainnya yang belum ditemukan.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA