Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Basarnas Kirim 3 Tim SAR Cari Korban Gempa Cianjur yang Belum Ditemukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 26 November 2022, 14:24 WIB
Basarnas Kirim 3 Tim SAR Cari Korban Gempa Cianjur yang Belum Ditemukan
Kerusakan rumah akibat gempa Cianjur, Jawa Barat/Net
rmol news logo Pencarian korban hilang dalam bencana gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, terus dilakukan. Salah satu lembaga yang mengirimkan tim pencarian adalah Badan SAR Nasional atau Basarnas.

Kepala Basarnas Marsdya TNI Henri Alfiandi melalui Kepala Biro Humas dan Umum, S. Riyadi menerangkan, pihaknya mengirimkan sejumlah tim untuk mencari 24 korban hilang pada hari ini.

"Tim SAR sudah bergerak ke lokasi pencarian masing-masing sesuai briefing pagi pukul 07.00 WIB di Posko Basarnas," ujar Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (26/11).

Dia mengatakan, Tim SAR yang ditugaskan mencari para korban hilang itu dibagi dalam 3 tim untuk operasi di 3 area pencarian (worksite).

"Tim Alfa di lokasi Warung Sate Shinta, Tim Bravo di Desa Cijedil RT 03 RW 1 Kecamatan Cugenang. Dan, Tim Charlie beroperasi di Kampung Cicadas Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang," sambungnya memaparkan.

Dijelaskan, personil Tim Alfa yang beroperasi di area pencarian ((worksite)) warung sate Shinta dibagi dalam 2 shift. Shift 1 berjumlah 241 personil dan 5 SAR dog. Shift 2 sebanyak 245 personil dan 4 personil technical search menggunakan alat life detector.

Personil Tim Bravo di Desa Cijedil RT. 3 RW. 1 Kecamatan Cugenang sebanyak 472 Personil dan 4 anjing pelacak, serta 4 personil technical search menggunakan peralatan life detector.

Sedangkan personil Tim Charlie yang beroperasi di Kp. Cicadas Desa, Cijedil, Kecamatan Cugenang sebanyak 480 personil, 2 anjing pelacak, dan 4 personil technical search menggunakan alat life detector.

"Selain tim SAR, tim logistik sebanyak 32 personil, tim medis 27 personil yang meliputi 6 dokter dan 21 tenaga kesehatan, serta tim ambulance sebanyak 57 unit terdiri dari 41 ambulance medis dan 16 ambulance jenazah," urai Riyadi.

Terkait peralatan, dia menambahkan, tim SAR masih menggunakan excavator, alcon  atau alat penyemprot tanah, peralatan Urban SAR, hingga peralatan manual seperti cangkul dan sekop.

"Hari ini, Basarnas juga akan melaksanakan dropping logistik menggunakan helikopter AW-139 HR-1301 dan NBO HR-1521-3604. Logistik berupa terpal, paket makanan, paket balita, beras, dan air mineral di Desa Nyalindung dan Kecamatan Cugenang," demikian Riyadi menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA