Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Satupena Rilis Kanal YouTube Berisi Kisah Hidup dan Proses Kreatif Penulis Tanah Air

LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 25 November 2022, 10:40 WIB
Satupena Rilis Kanal YouTube Berisi Kisah Hidup dan Proses Kreatif Penulis Tanah Air
Kanal Satupena TV/Net
Kisah-kisah penulis tanah air dengan karya dan proses kreatifnya kini bisa ditonton di akun YouTube, Satupena TV yang diluncurkan pada Kamis (24/11).

Ketua Umum Perkumpulan Penulis Indonesia Satupena, Denny JA menjelaskan bahwa akun tersebut kini sudah berisi kisah 60 penulis Indonesia. Dia berharap bisa sebanyak mungkin menyajikan informasi mengenai penulis Indonesia dalam akun tersebut.  

“Channel Satupena TV sudah bisa diakses oleh siapapun yang ingin mendapatkan inspirasi dan memahami penulis dan proses kreatifnya,” ujarnya saat peluncuran, Kamis (24/11).

Dalam channel Satupena TV ini, terdapat sejumlah video yang menghidupkan kembali kisah sejumlah penulis yang menorehkan sejarah tersendiri, seperti Chairil Anwar, Mochtar Lubis, Hamka, dan Pramoedya Ananta Toer.

“Kita juga dapat merenungkan proses kreatif dari Sutardji Calzoum Bachri, Abdul Hadi W.M., Taufiq Ismail, W.S. Rendra, Remy Sylado hingga Sapardi Djoko Damono,” sambungnya.

Bukan hanya itu, penulis generasi baru serta non-fiksi pun bisa dinikmati kisah, karya serta proses kreatifnya dalam channel Satupena TV, seperti Azyumardi Azra, Chappy Hakim, Jaya Suprana, Didin S. Damanhuri, Wina Armada, dan Ilham Bintang.

Eksplorasi detil mengenai proses kreatif dan pandangan Denny JA dalam tiga serial video mengenai dunia penulis yang sudah masuk ke dalam tahap industri, juga dimuat dalam Channel Satupena TV.

Selain itu, terdapat juga pandangan dari para pengurus Satupena yang menjadi koordinator penulis Satupena, mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan hingga Papua.

“Ke depan, Satupena TV juga akan mengeksplorasi para penulis muda milenial. Sehingga nantinya lengkaplah spektrum penulis Indonesia dari generasi ke generasi dalam channel Youtube Satupena TV,” tutup Denny JA.

ARTIKEL LAINNYA