Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Buka Posko Tanggap Darurat, BIN Siagakan Nakes dan Siapkan Kebutuhan Pokok Korban Gempa Cianjur

LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 23 November 2022, 02:58 WIB
Buka Posko Tanggap Darurat, BIN Siagakan Nakes dan Siapkan Kebutuhan Pokok Korban Gempa Cianjur
BIN membantu meringankan beban warga Cianjur yang terdampak bencana gempa bumi/Ist
Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Barat mendirikan posko tanggap darurat untuk korban gempa di Jalan Labuan-Cianjur, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Kepala Binda Jawa Barat, Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks mengatakan, para pengungsi mendapatkan bantuan logistik, makanan, hingga pelayanan kesehatan.  Sampai saat ini, posko tersebut telah menampung 168 pengungsi yang terdiri dari anak-anak hingga orang dewasa.

"Hari ini kita ngobrol sama kepala desa, kalau malam dingin di sini. Sekarang kita beri bantuan selimut supaya mereka tidak dingin. Intinya supaya mereka nyaman di sini," kata Ruddy, Selasa (22/11).

Selain selimut, Ruddy berserta jajaran juga membagikan makanan ringan dan pampers untuk anak-anak di pengungsian. Di samping itu, Binda Jawa Barat pun memberikan layanan kesehatan dan menyiagakan dapur umum.

"Kita standby 4 suster, 1 dokter, kerja sama kita dengan puskesmas setempat. Kita siapkan makan, kemudian mereka apabila kurang, kita siapkan di situ dapur, bisa masak sendiri, nasi juga kita siapkan," terangnya.

Ruddy berharap, setiap bantuan yang dihadirkan di posko tanggap darurat Binda Jawa Barat dapat meringankan beban masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur. Dengan aksi berbagi ini, Ruddy juga berharap dampak bencana segera pulih.

"Harapan kita tentunya karena mereka sudah mengalami musibah, terkena gempa bumi di sini, diharapkan dampaknya kita kurangi sedikit-sedikit. Untuk menghilangkan memang perlu waktu, tapi setidaknya kita bisa mengurangi beban mereka dengan berbagi," kata Ruddy.

Markas Besar (Mabes) BIN telah mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat terdampak gempa Cianjur. Untuk tahap awal berupa kebutuhan pokok dan makanan ringan. Antara lain 200 karton mie instan, 200 karton mie instan dalam gelas, 400 karton air mineral 330,  230 karton susu UHT, 1 ton beras, dan 100 karton minyak goreng kemasan serta kebutuhan makanan pokok lainnya.

Total ada 2 truk bantuan logistik dari Mabes BIN yang sudah sampai di posko pengungsian darurat Cianjur. Jumlah bantuan tersebut akan terus bertambah sesuai kebutuhan lapangan.
EDITOR: AGUS DWI