Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gedung Papua Youth Creative Hub Hampir Rampung, PMI Berterima Kasih pada Jokowi dan Budi Gunawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 22 November 2022, 14:14 WIB
Gedung Papua Youth Creative Hub Hampir Rampung, PMI Berterima Kasih pada Jokowi dan Budi Gunawan
Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH)/Ist
rmol news logo Pembangunan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) sudah memasuki tahap akhir. Gedung megah itu akan memiliki fasilitas yang lengkap untuk menunjang minat, bakat dan kreativitas anak-anak muda di Tanah Papua.

Gedung ini nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan oleh Papua Muda Inspiratif (PMI) dalam menjalankan program kerjanya untuk kesejahteraan masyarakat di Papua dan Papua Barat.

Sekretaris PMI Provinsi Papua, Vitha Faidiban pun menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan atas dukungan pembangunan Gedung PYCH tersebut.

"Saya mewakili PMI mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi dan Kepala BIN, Pak Budi Gunawan. Ini gedung sangat luar biasa dan membantu kami anak muda Papua untuk berkreasi," kata Vitha Faidiban dalam keterangan tertulis, Selasa (22/11).

Vitha menyampaikan hal itu saat mendampingi Deputi IV Bidang Intelijen Ekonomi BIN, Made Kartikajaya, yang juga Pembina PMI, saat meninjau progres pembangunan PYCH di Kelurahan Wahno, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Gedung yang akan segera rampung ini, memiliki gedung utama yang terdiri atas dua lantai, dan dua gedung asrama.

Di gedung ini ada ruangan untuk produk UMKM, ruang pelatihan, ruang rapat, ruang serbaguna, ruangan yang bisa digunakan untuk co-working space, ruang pembelajaran teknologi hingga perpustakaan.

Ada juga ruangan berbentuk tribun yang berkapasitas lebih dari 300 orang. Ruangan ini bisa digunakan pertunjukkan, keagamaan dan lainnya.

Gedung ini akan dilengkapi dengan internet berkecepatan 100 Mbps yang tersebar di seluruh gedung. Ada juga CCTV hingga ruang kontrol. Di samping gedung utama, ada lapangan futsal dan basket. Kantor pusat PMI juga berada dalam gedung tersebut.

Sementara di gedung asrama, ada dua gedung asrama yang terdiri dari 24 kamar dengan fasilitas tempat tidur lengkap, lemari, kamar mandi dalam dan lainnya. Setiap kamar berkapasitas dua orang.

Gedung ini mengadopsi konsep green building yang memanfaatkan energi alam, seperti pencahayaan dan angin. Sehingga, Gedung PYCH ini pada siang hari tidak memerlukan lampu.

Di sisi lain, desain arsitektur atap gedung utamanya terinspirasi dari rumah adat masyarakat Kota Jayapura dan Wamena, yakni atap Honai dan atap Kariwari. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA