Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Langganan Banjir, Kali Pondok Maharta Dangkal dan Dipenuhi Puing Bangunan

LAPORAN: BONFILIO MAHENDRA WAHANAPUTRA
  • Rabu, 16 November 2022, 10:35 WIB
Langganan Banjir, Kali Pondok Maharta Dangkal dan Dipenuhi Puing Bangunan
Puing-puing bangunan bekas tanggul lama di Kali Pondok Maharta, Tangerang Selatan/RMOL
Kali di Perumahan Pondok Maharta, Pondok Kacang Timur, Tangerang Selatan jadi dangkal. Pendangkalan tersebut diduga karena adanya pembangunan turap atau tanggul baru di sepanjang RT 01 sampai RT 03.

Sayangnya, bongkaran tanggul lama justru diletakkan ke dalam sungai.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Sumber Daya Air Bina Marga dan Bina Konstruksi Kota Tangsel, Robby Cahyadi menyebut penempatan tanggul lama ke dalam kali bertujuan untuk membendung wilayah yang ingin dibangun tanggul baru agar tempat tersebut kering.

"Pelaksana perlu membendung aliran air dengan cara menimbun tanah untuk keperluan pengeringan (kisdam)," kata Robby kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (15/11).

Penempatan bongkahan tanggul lama tentu membuat dangkal kali dan menghambat aliran air dari belakang kompleks hingga ke bagian depan.

Tak jarang bila hujan deras, kompleks Pondok Maharta langsung banjir hanya dalam hitungan menit akibat tidak sanggupnya kali menahan debit air yang tinggi.

Robby pun berjanji setelah proses pembangunan tanggul selesai, pihaknya akan mengangkat kembali sisa-sisa tanggul lama yang ada di dalam kali.

"Kami terus maksimalkan pelaksanaan di lapangan. Nanti dibersihkan (puing di kali) terakhir," kata Robby.

Kini pengerjaan terus dilakukan. Robby menargetkan akhir Desember 2022 nanti proses pengerjaan sudah rampung.

"Fisik konstruksi sesuai kontrak akan diselesaikan sampai dengan akhir Desember. Perkiraan sekitar tanggal 20 Desember 2022," demikian Robby.
EDITOR: DIKI TRIANTO

ARTIKEL LAINNYA