Children in the DPR Korea
Under the Leadership of Great Commanders
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Menparekraf Yakin G20 Bantu Bangkitkan Ekonomi Indonesia, Khususnya Bali

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 16 November 2022, 07:27 WIB
Menparekraf Yakin G20 Bantu Bangkitkan Ekonomi Indonesia, Khususnya Bali
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno/Net
Rangkaian pertemuan G20 di bawah presidensi Indonesia diyakini mampu mendorong pertumbuhan ekonomi negara, khususnya Bali.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf), Sandiaga Uno mengaku optimis dengan hal itu.

“Kami berharap dengan KTT G20, puncak pertumbuhan ekonomi Bali, bersamaan dengan musim liburan, akan terus mendorong ekonomi untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas,” kata Sandi di Media Center G20 Bali, Bali Internasional Convention Center (BICC), Selasa (15/11).

Menurut Sandi, ekonomi Bali di triwulan III-2022 tumbuh signifikan dan diproyeksikan akan berlanjut di triwulan IV-2022.

“Ekonomi pada kuartal III-2022 tumbuh signifikan sebesar 8,9 persen (year on year), yang merupakan peningkatan besar dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencatatkan kenaikan 3,5 persen,” ujarnya.

Selain gelaran G20, ia juga menyoroti beberapa faktor yang juga mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Bali, di antaranya meningkatnya frekuensi maskapai penerbangan, fokus pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan dan berkualitas, serta adanya delapan kawasan ekonomi khusus (KEK).

“Ada juga digitalisasi di berbagai sektor ekonomi, khususnya pariwisata dan ekonomi kreatif," tambah Sandi.

Lebih lanjut, Sandi mendorong untuk mendorong peningkatan daya saing pariwisata Bali di tingkat global, di antaranya melalui paket insentif dan paket wisata yang menarik.

Kemenparekraf juga mengembangkan wisata bahari khususnya pelayaran dengan menggabungkan banyak destinasi menarik di Bali dengan destinasi lainnya. Hal ini merupakan bagian dari upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi.

“Kami juga meningkatkan kegiatan promosi dan kami juga ingin mendatangkan lebih banyak penerbangan dari maskapai global,” kata Menparekraf.

ARTIKEL LAINNYA