Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang G20, Pemerintah Tingkatkan Upaya Putus Rantai Covid-19 dan PMK di Bandara I Gusti Ngurah Rai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 15 November 2022, 00:14 WIB
Jelang G20, Pemerintah Tingkatkan Upaya Putus Rantai Covid-19 dan PMK di Bandara I Gusti Ngurah Rai
Petugas Bandara I Gusti Ngurah Rai sedang melakukan proses screening penumpang/Ist
rmol news logo Perhelatan akbar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dimulai dalam waktu dekat, tepatnya pada 15 dan 16 November 2022 bertempat di Nusa Dua, Provinsi Bali.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang ditunjuk Presiden Republik Indonesia sebagai Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nasional (Satgas Covid-19) dan Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) turut mendukung gelaran yang dihadiri oleh pimpinan negara dan delegasi anggota G20 tersebut.

Salah satunya dengan melakukan pemantauan penerapan protokol kesehatan di Bandara I Gusti Ngurah Rai yang menjadi pintu masuk dan keluar "Pulau Dewata" serta diprediksi akan menjadi tempat hilir mudik delegasi maupun masyarakat.

Pada kesempatan ini tim BNPB melakukan edukasi protokol kesehatan dan membagikan masker kepada para penumpang, mengingat kembali tingginya kasus konfirmasi secara nasional dan masuknya virus varian XBB ke Indonesia. Kemudian meninjau pelaksanaan penerapan biosecurity.

Adapun pengelola Bandara Ngurah Rai telah melakukan prosedur penanganan Covid-19 bagi delegasi G20, ini diungkap I Made Arta selaku penanggung jawab Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Denpasar wilayah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Dilakukan pengawasan suhu tubuh, kemudian yang suhunya di atas 37,5 itu dilakukan pemeriksaan lanjutan, kami telah menyiapkan satu ruangan khusus untuk pemeriksaan lanjutan, jika hasil positif akan dirujuk ke Rumah Sakit," ucap Made Arta di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Bali, Senin (14/11).

"Hingga kini belum ada delegasi yg terpapar covid," imbuhnya.

Tahap selanjutnya, bagi yang suhunya dibawah 37,5 dilakukan validasi dokumen persyaratan dan aplikasi PeduliLindungi tau kartu vaksin. Bagi para wisatawan asing dan warga Indonesia yang tiba dari luar negeri juga tetap mengikuti prosedur yang telah ditetapkan tersebut.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA