Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggarkan Rp 700 Miliar, Heru Bakal Lanjutkan Normalisasi Ciliwung

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 08 November 2022, 18:02 WIB
Anggarkan Rp 700 Miliar, Heru Bakal Lanjutkan Normalisasi Ciliwung
Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono/Net
rmol news logo Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan melanjutkan normalisasi sungai sebagai bagian dari upaya penanggulangan banjir. Program ini sebelumnya sempat disetop era Gubernur Anies Baswedan.

Menurut Heru Budi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengalokasikan Rp 700 miliar untuk pembebasan lahan normalisasi Ciliwung yang masuk masuk dalam Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD DKI Tahun Anggaran 2023.

"Normalisasi Kali Ciliwung kurang lebih sekitar Rp 700 miliar," singkatnya usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Selasa (8/11).

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) itu menambahkan rencananya pemerintah DKI bakal membebaskan lahan di empat kelurahan tahun depan. Aman tetapi Heru tak mendetailkan lokasinya.

Namun Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Yusmada Faizal membocorkan empat kelurahan tersebut dalam rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI pekan lalu.

Berikut rinciannya:
1. Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Kebutuhan pembebasan lahan 0,8 hektare
2. Kelurahan Rawajati, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan. Kebutuhan pembebasan lahan 1,5 hektare
3. Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Lokasi persisnya dari MT Haryono mengarah ke Kalibata. Kebutuhan pembebasan lahan 2,25 hektare
4. Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur. Kebutuhan pembebasan lahan 1,95 hektare. Pembebasan lahan dari Jembatan Tong Tek Jatinegara menuju Pintu Air Manggarai.

Adapun target pembebasan lahan normalisasi tahun depan sebanyak 6,45 hektare. Yusmada menyebut normalisasi Kali Ciliwung dari arah Simatupang ke Manggarai seharusnya mencapai 19 kilometer.

Namun, Pemprov DKI dan Kementerian PUPR telah menyepakati normalisasi Kali Ciliwung di 7 kelurahan prioritas. Proses normalisasi akan dilanjutkan bertahap yang dimulai di empat dari tujuh kelurahan prioritas pada 2023. rmol news logo article
EDITOR: IDHAM ANHARI

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA