Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Banyuwangi, Emil Dardak: Sedekah Oksigen yang Harus Terus Bergulir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 08 November 2022, 02:56 WIB
Tanam 5.000 Bibit Mangrove di Banyuwangi, Emil Dardak: Sedekah Oksigen yang Harus Terus Bergulir
Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak saat menanam mangrove/Ist
rmol news logo Sebagai upaya melestarikan alam dan memitigasi perubahan iklim, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur melalui kegiatan tanggung jawab sosial melakukan penanaman 5.000 bibit mangrove di Kawasan Ekosistem Esensial (KEE) Teluk Pangpang Banyuwangi.

Pada aksi restorasi kawasan mangrove ini, hadir Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, dan General Manager PLN UID Jawa Timur, Lasiran serta Kepala Dinas ESDM Nurkholis, Wakil Bupati Banyuwangi Sugirah dan Kepala Bakorwil V Pemerintahan dan Pembangunan Jember Imam Hidayat.

Berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor : 188/338/KPTS/013/2020, KEE Teluk Pangpang merupakan kawasan konservasi mangrove dan cemara karena memiliki nilai ekosistem penting yang menunjang kelangsungan kehidupan dan telah ditetapkan sebagai kawasan yang dilindungi di Jatim.

Dalam sambutannya, Emil Dardak, mengungkapkan pentingnya restorasi mangrove karena keiistimewaannya sebagai penyerap gas karbondioksida dan penghasil oksigen sehingga mampu untuk berkontribusi mencegah perubahan iklim.

"Ini memang suatu upaya yang harus terus bergulir, sedekah oksigen melalui penanaman 5000 bibit Mangrove. Bu Gubernur bersama pimpinan daerah juga telah melakukan kegiatan ini di Tuban, Gresik, Probolinggo, sepanjang pesisir pantai ini akan sangat bagus untuk menjaga ekosistem laut dan habitat di dalamnya," ujar Emil dikutip Kantor Berita RMOLJakarta, Senin (8/11).

"Upaya ini harus terus berkesinambungan, berkolaborasi antara semua pihak, pemerintah, PLN dan masyarakat. Kami bersyukur karena PLN ambil bagian untuk meningkatkan ekosistem mangrove di Jawa Timur,” imbuhnya.

Emil menambahkan agar sinergi dan kolaborasi dengan PLN terus terjalin dalam berbagai kesempatan utamanya untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan Jawa Timur.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas ESDM Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan token listrik gratis sebesar Rp 300.000,- kepada 3.058 pelanggan tidak mampu di Banyuwangi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA